Hamil Ceria

  • 6/08/2012 01:57:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 5 Comments

Pagi ini, seperti beberapa pagi yang sudah lewat, Mamas membuatkanku roti tawar atau roti gandum panggang, lengkap dengan isi ceres dan susu :)
Menu lainnya adalah segelas air putih dan sesendok sari kurma. 
Nyawm, menu mengawali hari yang kdang cukup mengenyangkan, kadang juga tidak. 
Kalau masih keroncongan biasanya aku akan membeli buryam pakai ati (*jika beruntung atinya masih ada :P) atau bawa bontot isi roti panggang atau cukup bawa pisang.

Malem malem biasanya aku sudah berniat untuk membuat sarapan yang lebih 'hijau', apa daya kalau pagi-pagi malasnya minta ampun, pengennya masih bobokan padahal dah harus kerja, LOL~
Yasuw lah, yang penting dedek bayi dapat asupan cukup. Mungkin mulai besok akan ada menu tambahan susu, supaya wkebutuhan asam folat, zat besi dan kalsium cukup. Btw, sebenarnya ada cerita lucu pas beli susu bumil ini. Kemarin, gegara salah ambil rasa vanila, baluk ke rak susu pakai tergesa, langsung aja tuh ambil rasa coklat, pas sampai rumah, the thot, ternyata itu susu untuk ibu menyusui (*wkwkwk). ehh~ tadi pas baca di Ummi Edisi Khusus Hamil Ceria, susu apapun (bumil atau busui) sebenarnya gak masalah. Gak akan berakibat fatallah.

Next, sekarang hati0hati banget jaga pola makan. Ga boleh telat. Ga sembarangan.
Coz bayi dalam kandungan itu rentan banget, makan makanan yang zat nya berbahaya bisa mengakibatkan munculnya hal-hal buruk, na'udzubillah.
So, aku gak minum teh or kopi lagi, gak makan coklat (bisa bikin mual, kalau kebnayakan, kalori dan gulanya berlebih), gak makan sate ayam/kambing (daging yang ga mateng mengandung bakteri), gak minum2an instan dan es. Gak makan makanan berpengawet, berpemanis, dan berpewarna.

Alhamdulillah sampai detik ini udah ga ada lagi gangguan yang berlebihan kaya pas awal-awal ada gejala kehamilan. Mualku gak parah, pusing juga jarang. Yang masih ada itu beser dan cepet lelah. Plus kayak postingan sebelumnya - moody.

Overall, setelah baca2 banyak literatur, selain makan sehata dan sitirhat cukup, bumil itu dilarang stress, dia musti bahagia, musti ikhlas. Coz hamil itu bukan sakit. Sedangkan gejala-gejala sakit yang membersamainya adalah proses tubuh menyesuaikan diri. Selama kita enjoy menjalaninya, insyaAllah ga berat. Apalagi jika keluarga dan suami juga mendukung, insyaAllah jadi ringan dan menarik banget jadi bumil.

Lagian jadi bumil itu banyak asyiknya kok, tugas kita adalah disiplin sama makanan dan aktivitas, trus selalu mendengar, membaca dan melakukan hal-hal yang baik aja, ibadah dijaga, plus cukup istirahat. Dibalik itu, tugas suami adalah, sebagai biro konseling (*maklum, bumil suka banyak ngeluh dan  mengalami peristiwa2 langka, jadi suami juga harus know everything about pregnancy), sabar (*bumil itu supermanja, caper abis :DDD) dan ga bosen mendukung istri. Nah, sisanya, kita bisa asyik pilih2 barang barang bayi yang semuanya supercute, beli buku-buku untuk anak yang seruseru, pilih baju baju hamil yang cantik cantik, makan makanan yang bergizi (walaupun kadang ada yang ga enak) dan tentu saja dimanja suami, :DDD

Okelah, hamil ceria itu wajib, supaya dedeknya juga berkembang dengan baik, gak sumpek garagara ibunya sedih mulu.

Oiya, satu lagi, berdoa terus dan minta didoakan terus, supaya dedek dan ibunya always sehat, bisa lancar melewati 9 bulan ke depan, aamiin, insyaAllah ♪♪






You Might Also Like

5 comments

  1. InsyaAllah, aamiin :)

    Bumilnya produktif nulis, semoga nanti dedeknya juga :D

    Di sebuah buku yg aku baca judulnya "Rumah 1000 Malaikat" ada seorang anak bayi yg diangkat oleh sebuah keluarga sejak lahir(di buku itu ceritanya keluarga tsb punya banyak anak angkat). Nah setelah beberapa bulan berlalu, si anak ini tumbuh dengan kebiasaan suka mendekati tempat sampah. Tidak ada yang mencontohkan hal tsb pada si anak. Ternyata, kebiasaan ibunya ketika hamil-lah yang memberi pengaruh pada si anak (ibunya pemulung)

    Nah, semoga nanti dedeknya mengikuti semua kebiasaan baik lilis ya...

    BalasHapus
  2. Jazakillah 'ammah *kata dedek
    Semoga bisa istiqomah dalam kebaikan *kata umi nya ~LOL

    BalasHapus
  3. Oiya, satu lagi, kata Bapaknya, dia gak usah jago nyanyi, jago yang lain boleh, fiuhh :DDD

    BalasHapus
  4. Selalu sukaaaa baca catatan kehamilan
    Kangen pengen hamil lagi *eh, nanti aja kalau Raihan udah 3 tahun*

    Semoga sehat-sehat selalu ya bumil dan dedek ^^

    BalasHapus