Satu Malam yang Senilai 1000 Bulan

8/07/2012 11:57:00 AM

www.dakwatuna.com
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
Qs Al Qadr



Tak terasa Ramadhan sudah memasuki hari ke-18 nya. Itu artinya, setengah dari jatah kita bersama Ramadhan telah berlalu. Bagaimanakah keadaan kita? Saya harap, setiap diri kita telah dan terus berusaha meraih rahmat dari Allah sebanyak-banyaknya.

Masjid beberapa hari ini sudah mulai lengang, orang-orang lebih tertarik pergi ke pasar-pasar rupanya. Padahal, dalam hari hari terakhir di bulan penuh berkah ini, Allah mempersiapkan hadiah terindah, yang bahkan Rasululloh swt dan para sahabat pun amat menginginkannya. Kisah dari keindahan itu bahkan tertulis nyata di dalam Al Qur'an yaitu dalam surat Al Qadr. 

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Mengapa disebut Al Qadr?
Malam yang mulia ini disebut malam Qadr (lailatul qadr) karena beberapa alasan seperti disebutkan oleh para ulama. Ia adalah malam saat Allah menentukan apa yang Dia kehendaki dalam segala urusannya. Kita menyebutnya takdir.  Inilah malam perubahan nasib bagi orang-orang yang Allah pilih. Untuk itu, janganlah kita menyia-nyiakan kesempatan untuk dipilih Allah agar diperbaiki nasib kita, agar lebih baik nasib kita, dengan penuh ikhtiar dan tawakal, kita mengharapkan Allah mengubah nasib buruk menjadi nasib baik.

Selain itu, ia adalah malam yang mulia.  Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Selain malam itu adalah malam di saat Al Qur'an diturunkan dari lauh mahfudz ke langit dunia, pada malam itu juga turun para malaikat yang mulia. Ibadah pada malam mulia itu, pahalanya pun sangat besar. 

Kapankah lailatul qadr itu?
Para ulama menyebutkan beberapa waktu yang disebut sebagai malam lailatul qadr. Beberapa waktu yang disebutkan adalah :
  1. Di sepanjang bulan Ramadhan
  2. Di malam ganjil selama bulan Ramadhan
  3. Di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan
  4. Pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan
  5. Malam 27 Ramadhan
  6. Malam 29 Ramadhan
Namun, jumhur ulama menyepakati waktu datangnya lailatul qadr adalah pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Mengapa waktunya tidak pasti? Tidak lain dan tidak bukan, hal ini terkait dengan besarnya kasih sayang Allah swt kepada kita. Ia memberikan kemuliaan lebih dari 1000 bulan bagi mereka yang beribadah, tapi Ia tidak ingin hambaNya yang bermaksiat harus menerima dosa yang setara dengan perbuatan dosa selama 1000 bulan. Itulah alasan mengapa Allah swt merahasiakan lailatul qadr. Agar ia tidak memaksa orang-orang tiba-tiba menjadi baik, hanya mereka yang memang baik amalannya yang akan mendapatkan lailatul qadr.

lailatul qadr diyakini oleh para ulama hanya hadir sesaat saja, bahkan dimungkinkan di saat banyak orang yang sedang tidak beribadah. untuk itu, kita harus mengoptimalkan sepanjang malam untuk beribadah.

Amalan-amalan apa sajakah yang baik dilakukan pada malam tersebut?
Berikut adalah amalan-amalan yang baik untuk kita lakukan di malam-malam 10 hari terakhir Ramadhan.
  1. Qiyamul lail, baik sholat tarawih maupun sholat tahajud.
  2. Tilawah. Para sahabat mengejar tilawah agar bisa banyak mengkhatamkan Al Qur'an.
  3. Berdzikir. Lafadz dzikir apapun baik, namun ada salah satu doa yang sangat baik untuk dipanjatkan pada malam tersebut. Yaitu kalimah "Allohumma innaka tuhibbul 'afwa fa'fu'anni" 
  4. I'tikaf
i-muslima.tumblr.com

Bagaimana dengan muslimah yang sedang haid atau nifas?
Alhamdulillah, bagi mereka pun masih ada kesempatan untuk beribadah di malam lailatul qadr yaitu dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an dan berdzikir, serta memperbanyak doa.

Nah, apakah kita akan menyia-nyiakan malam yang nilainya berliat-lipat ini?
Mungkin, ibadah sepanjang usia yang Allah swt karuniakan kepada kita pun tidak akan bisa mengganti pahala yang amat besar di malam Qadr. Semoga Allah swt memberikan umur panjang hingga kita bisa menemui lailatul qadr nan dirindu, aamiin ya Robbal'alamiin~

Oiya, ada bocoran untuk mereka yang telah berhasil memperoleh lailatul qadr lho, ibadahnya up rise, alias meningkat terus :)
Subhanalloh~



You Might Also Like

0 comments