Bersiap Menemui Kesempatan

  • 1/15/2013 02:20:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 0 Comments


Sekilas setelah membaca kalimat tersebut di buku Coffee for The Mind yang sudah saya review di sini, saya membaca kembali kalimat ini berulang kali. Kira-kira apa ya maksudnya?

Hingga akhirnya saya mengerti, bahwa prinsip tersebut sudah disampaikan Allah dalam salah satu ayat Al Qur'an yang sangat populer (*saya kira), yaitu QS Ar Ra'du : 11. Bahwa, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila mereka tidak berusaha. Nah, setiap manusia kan tidak pernah tau nasibnya akan seperti apa. Maka, wajib hukumnya untuk kita mengusahakan nasib yang terbaik bukan?

Logikanya begini, seseorang yang mempunyai minat melukis dan mengerti bahwa untuk menjadi pelukis hebat ia harus terus berlatih melukis, ia akan terus menjaga keinginan dan impiannya menjadi pelukis ternama dengan mengasah kemampuannya itu. Inilah cara seseorang yang mempunyai minat melukis MEMPERSIAPKAN DIRI, hingga bila datang waktunya ia telah mahir, maka KESEMPATAN untuknya menjadi pelukis ternama bisa dia ambil. Artinya, meskipun KESEMPATAN DATANG, jika kita belum SIAP, maka itu tidak akan bisa kita sebut sebagai "kesempatan" bagi kita. Betul tidak?

Kesempatan akan menjadi sebenar-benar kesempatan saat kita siap untuk mengambilnya. Tanpa persiapan, sebanyak apapun kesempatan muncul di hadapan kita, kita tidak akan sukses mengambilnya, artinya kesempatan itu tidak benar-benar muncul bukan? Sudah sunnatulloh, bahwa Allah meminta agar seorang hamba berikhtiar atas impiannya sebelum akhirnya Allah menentukan apakah ikhtiarnya itu membawanya kepada impian yang terwujud atau takdir lain yang lebih baik menurut Allah. Ikhtiar itu semakin sukses di saat kita sudah dinilai PANTAS oleh Allah untuk berhasil. Semakin baik persiapan kita (*persiapan adalah bagian dari ikhtiar), semakin pantas kita di hadapan Allah untuk diberi kesuksesan.

Cek yuk, sudah sebaik apa persiapan kita? Apakah benar kesempatan itu gagal kita ambil karena kita tidak mampu? Atau sebenarnya kita mampu, hanya saja persiapan kita belum baik ?

Bersiaplah menemui saat kesempatan itu tiba, 
Caranya? 
Mempersiapkan diri setiap hari, selalu, senantiasa, semakin baik dari waktu ke waktu. 
Dan saat persiapan kita telah baik, tangkaplah kapan saja kesempatan untuk sukses, :')

Mari Bersiap. Bergegas. Sukses!


You Might Also Like

0 comments