Diet Asam Basa

  • 9/16/2014 09:12:00 AM
  • By Athiah Listyowati
  • 0 Comments

Semenjak Yumna memasuki usia 6 bulan, itu artinya Yumna sudah boleh makan makanan padat. Dari situ saya, as her Umah, sering banget baca or googling tentang makanan apa yang boleh dan tidak boleh, baik dan tidak baik, manfaat dan tidak bermanfaat untuk Yumna. Well, membuat bubur untuk Yumna sama sekali ga susah. Selama ini saya masih terbantu dengan slow cooker 0,7 lt karena porsi makan Yumna masih 2 kali sehari untuk bubur, dan satu kali buah untuk makan siang. Mungkin nanti kalau sudah masuk usia 8 bulan, dan sudah makan berat 3 kali sehari slowcooker berguna untuk ngempukin daging aja, sedangkan masak nasi timnya kudu di atas kompor.

Saya memilih metode MPASI ala WHO, dimana sejak pertama kali makan, bayi langsung diperkenalkan dengan serealia, seperti beras dan oat. Untuk sayuran bisa wortel, bayam or brokoli, oiya bisa juga jagung manis dan buncis untuk perasa manis. Dan untuk protein bisa daging merah, hati ayam/sapi dan ikan ikanan.

Alhamdulillahirobbil'alamiin, sejak awal makan Yumna menunjukkan ketertarikannya pada makanan, makanan mudah masuk dan jarang banget diemut, pernah siy menolak beberapa makanan seperti alpukat dan pear, itu karena alpukat cenderung pahit sedangkan pear cenderung asam. Selain itu, Yumna seneng-seneng aja. Eh, pernah juga ding, pupnya jadi kehitaman gegara menkonsumsi daging merah. Akhirnya aku ganti pakai hati ayam dan ikan mas, alhamdulillah ndak ada masalah. Mungkin pencernaannya belum kuat.

Variasi makan Yumna di anataranya :
1. Beras merah-Kacang Merah-Jagung manis-Kaldu
2. Beras Merah- Kacang Merah-Tahu
3. Beras Merah-Kacang Hijau-Wortel
4. Beras putih-brokoli-jagung manis, dst, dst
Pokoknya apa yang ada di kulkas saja, yang saya siapin di awal minggu hanya kaldunya. Masukin freezer, trus paginya or malemnya dicairin untuk campuran bubur.

Untuk buah, Yumna baru pernah makan : pepaya, pisang, apel, pear, dan alpukat, tapi karena paling suka pisang, akhirnya berkutat sama pepaya dan pisang ♪٩(✿′ᗜ‵✿)۶♪ 

Nah, tadi pagi pas nemu bacaan menarik soal diet asam basa. Jadi menurut teori, diet ini terkait dengan fakta bahwa tubuh manusia bakal jarang sakit kalau pH nya stabil yaitu di angka 7,35 sd 7,45. Nah, sayangnya, tidak semua makanan pH nya normal, yang masuk pH normal untuk tubuh. Ini chartnya yang menunjukkan pH dari beberapa jenis makanan yang biasa kita konsumsi.


























See? Beberapa yang sering kita makan masuknya ke golongan most acid, alias paling asam, ada keju, ice cream, soft drinks, aspartam, coklat, err, itu ndak sehat, kita pilih yang pH nya basa. Alhamdulillah, sebagian besar makanan Yumna ada di golongan alkaline, ada banana, carrot, fresh corn, tofu, papaya, apple, green beans, broccoli, garlic dan olive oil. 

Rasanya Ummahnya niy yang malah masih jauh banget dari sehat, makan sekenanya aja ( ◡﹏◡✿)
Masih suka kopi, masih suka manis, masih suka es krim, whuaa, kalau Yumna sudah besar pasti sudah bisa protes ∩(︶▽︶)∩

Baiklah, akhirnya aku buat postingan yang berguna juga, berikut beberapa link yang bisa dibaca kalau mau tau lebih jauh soal diet asam basa ☆ミ

http://www.livestrong.com/article/266491-foods-containing-potassium-citrate/
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3195546/
http://www.rense.com/1.mpicons/acidalka.htm

You Might Also Like

0 comments

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)