Am I Montessory Mom?

  • 1/07/2015 12:24:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 2 Comments

Semenjak punya anak, saya selalu penasaran dengan segala mainan yang paling tepat sesuai usianya saat itu. Stimulasi apa yang paling tepat untuk mengasah motorik kasar dan halusnya. Serta perkembangan sosial apa yang harusnya dimiliki anak seusianya. Sejak saat itu pula saya berkenalan dengan istilah Montessory dalam pendidikan anak. Montessory sebenarnya adalah nama seorang dokter. Nama lengkapnya Maria Montessory. Dari pekerjaannya sebagai dokter tersebut ia meyakini bahwa semua anak dilahirkan dengan potensi luar biasa, potensi ini hanya akan berkembang jika orang dewasa yang mengasuhnya memberikan stimulasi yang tepat di tahun-tahun pertama kehidupannya. 

Saya selalu merasakan kesenangan tersendiri apabila mainan yang saya buat atau saya belikan mendapat perhatian penuh Yumna. Dimainkan dengan senang bahkan mengeksplor kemampuannya. Alhamdulillah, satu demi satu mainan-mainan itupun menjadi 'makanan' Yumna sehari-hari. Kemarin, setelah seharian Googling dan main di Pinterest, saya menemukan cara mudah untuk menguatkan kemampuan sensorik anak, hanya dengan botol. Hehe, bahkan cukup botol bekas. Maka saya pun berinisiatif memesan aneka manik, dengan warna mencolok berbentuk bintang. Saya agak kesusahan jika harus datang langsung ke Asemka (ih woow jauhnyaa, :P). jadi saya putuskan membeli online di TokoKainFlanel. Murah meriah, yang 4000 bisa dapat sekitar 20 pcs manik bintang. Kebingungan mencari botol bekas, akhirnya saya merekondisi botol bekas kapsul habatusauda. Saya isi air, masukan manik-manik kemudian masukan minyak goreng. Pilih manik yang tidak terlalu berat, jadi ia akan mengambang di perbatasan antara air dan minyak, bahkan meski kita kocok berkali kali, manik-manik akan kembali ke posisi tersebut. Yeyyy~ warnanya yang menarik dan gelembung-gelembung muncul akan menarik perhatian anak. Botol kedua, sensory bottle saya isi dengan beras, wkwkw, Yumna suka tuh mengocok-ngocok botolnya sambil excited mendengarkan bunyi-bunyian yang muncul. Untuk step by step sensory bottle lain, bisa main ke link di caption foto berikut ya :)

source
Setelah mengenal Montessory sebagai metode pendidikan anak. Saya merasa bahwa menjadi orang tua begitu mengasyikan. Kreativitas dan imajinasi kita jadi terasah lagi bukan ? :P bye bye deh bilang ga bisa kerajinan tangan, wong DIY nya bertebaran dimana mana plus bahan-bahannya banyak banget bertebaran di sekitar kita. Mommy and daddy tertarik juga untuk memakai metode Montessory? Berikut drop link yang menarik untuk dikunjungi :p Happy parenting ~

http://theimaginationtree.com/2012/10/baby-place-space-for-6-18-months.html
http://www.modernparentsmessykids.com/2011/11/we-tried-it-discovery-bottles.html
http://nurturestore.co.uk/zero-two-book-play-activities-for-babies-toddlers

You Might Also Like

2 comments

  1. seru ya. baru tahu yang dari botol model begini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru Kak, udah tu bahannya bisa apa aja kan? :p

      Hapus

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)