Borongan Pinter Jalan, Numbuh Gigi dan Common Cold

  • 3/05/2015 10:58:00 AM
  • By Athiah Listyowati
  • 8 Comments


Langkahnya kecil-kecil, sesekali keseimbangannya goyah, awalnya ia kesusahan, semakin hari keseimbangannya semakin membaik. Alhamdulillah, Una sudah bisa jalan *sujudsukur. Mulai jalan sekitar 11,5 bulan dan lancar sekitar 12,5 bulan. Dari yang awalnya hanya selangkah dua langkah, 7 langkah, sampai akhirnya sekarang kalau jalan dipegang tangannya sudah minta lepas *aakk, anakku sudah besar. 

Qodarulloh, lagi senang-senangnya belajar jalan, Yumna mau numbuh 3 gigi berbarengan, dua di bawah dan 1 di atas, kalau sudah full numbuh, Yumna akan punya 7 gigi, rrrr, siapaa mau digigiiit? Hehehe. Alhamdulillah, selama numbuh gigi belum pernah demam. Uminya adem ayem, palingan dianya jadi gatel terus seneng gigit-gigit apa aja seketemunya (termasuk alas main dari gabus itu >,<)

Nah, karena lagi senengnya dan numbuh gigi, beberapa hari terkahir boboknya sama sekali ga nyeyak, setengah jam kebangun, nangis, kipas-kipas, anteng, kebangun lagi, begitu seterusnya. Sudah dipijit-pijit juga ga mempan, boboknya sambil 'ngringik' alias ngeluarin suara kayak orang merintih, kasian banget. 

Uminya belum nemu cara supaya dia ga kecapekan malemnya tapi dia tetep enjoy latian jalan, Una kena common cold. Ada tiga bayi di komplek semuanya common cold >,< Malemnya jadi tambah rewel karena sesekali hidung mampet. Hari pertama sampai ga mau bobok kasur, maunya gendong aja. Kalau sedang kena common cold, biasanya aku home treatment dulu. Asal muasal common cold kan virus, jadi bisa sembuh sendiri tanpa obat. Kita cukup bantu supaya prosesnya menyamankan dia. 

Salah satu unggulan saya kalau sedang nangani anak kena common cold adalah Transpulmin BB dan essential oil (kekinian banget ga si saya Mak? :p). Transpulmin BB adalah salep yang boleh digunakan pada bayi mulai usia 0 bulan. Alhamdulillah tidak mengandung camphor (bahan berbahaya yang ternyata masih dipakai oleh inhaler merk terkenal). Dioles sehabis mandi pagi dan sebelum bobok di dada dan punggung untuk melegakan nafas. Supaya batuk dan pileknya ga mengganggu nafas. Maklum, bayi kan belum bisa buang ingus sendiri, dahak pun masih keluar lewat pup (itulah kenapa biasanya warna pup berubah pas dia kena common cold, jadi keijoan). Nah, salep ini ngebantu banget supaya nyaman nafasnya, bisa tenang istirahatnya. 

Kalau essntial oil (EO)? Saya kenal EO lewat blog mba Deasi Green Mommy Network. Beliau meracik sendiri EO dari berbagai macam bahan kemudian dipasarkan dengan brand Rainforest. EO sejatinya adalah ekstrak esensial. Misal, EO Peppermint, merupakan ekstrak dari peppermint, dst. EO sudah dipakai sejak jaman dulu loh ~ khasiat alam yang telah dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, bahkan campuran dari beberapa di antaranya bisa sebagai penghilang stres, meredakan emosi, membantu melahirkan, dll.  Karena penasaran, saya awalnya hanya membeli thieves oil. Satu EO berpuluh khasiat. Mulai dari sakit tenggorokan, antivirus sampai flu dan batuk. Saya pilih thieves oil karena penyakit yang mampu di'bereskan' olehnya adalah common problem health pada bayi. 

sumber
Untuk bayi baru lahir, sebaiknya thieves oil dicampur dengan vegan oil. Supaya ga terlalu panas ya Mak. Kalau sudah di atas 6 bulan, bisa oles-oles langsung. Misal di telapak kaki untuk antiviral. 

Untuk menangani common cold, Lis pakai satu jenis EO lagi, yaitu Peppermint Oil. Seperti bahan aslinya, wangi EO satu ini fresh banget. Untuk kegunaan lengkapnya bisa cek tautan berikut tentang 62 manfaat peppermint oil. Mulai dari diare, flu, sakit kepala, jerawat, banyaakk >,< Untuk common cold sendiri, aku cukup ambil 2-3 tetes (tenang, wadahnya sudah disertai pipet) terus taroh di bantal atau sprei sekitar Yumna tidur. Itu sudah cukup banget untuk inhaler dia semalaman, Alhamdulillah, trik ini belum pernah gagal. Semaleman Yumna ga rewel meski pas bangun-bangun saya lihat di hidungnya banyak ingus mengering, hehe.

sumber

Alhamdulillah, nafsu makannya masih baik, ga kebayang kalau bolu (bocah lucu) lagi asyik-asyiknya jalan, numbuh gigi plus kena common cold dan GTM *garuk-garuk tanah di pojokan. 

Emak-emak punya trik oke juga pas anak numbuh gigi atau kena common cold  Let sharing ~

You Might Also Like

8 comments

  1. Minyak kayu putih ditetes ke air beruap..
    hehe...manjur utk common cold dan murmer..

    Blogwalking salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, harus bolak balik nuang air angetnya Mak >,<
      :P

      Iyaa, saya mampir ya ~

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Common cold ya, biasanya oles transpulmin sblm bobok biar lega. Ayahnya yg rajin nguapin kamar pake minyak kayu putih :D. Untuk demamnya std sih, kalo masi bs bobok minimal satu sesi 2-3jam, ga dkasi turun panas. Kasi cairan yg banyak, ya air putih, ya air madu, ya jus, skrg teh anget segala :D. Wis apa aja pokoknya ada cairan masuk...

    kalo numbuh gigi palingan dialihkan gigit2nya dg kasi sesuatu yg dingin buat diemut2...
    dulu sih bs teether yg didinginkan ya, skrg plg dikasi yg dingin2 ajaa....

    sehat selalu ya Yumna...:*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, alhamdulillah sekarang tinggal melernya Budhe :p

      Hapus
  3. EO nya beli buat sendiri atau beli tante???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dinda, aduhh, maaf ya baru bales setelah sekian lama >,<
      Beli Mba, belum bias bikin sendiri :p

      Hapus
  4. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    BalasHapus