Pijat Bekas Luka Pasca Caesar : Why and How ?

  • 10/09/2015 03:21:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 15 Comments



Makkk~ ada yang pernah melahirkan lewat operasi caesar (SC) ?
Aku melahirkan anak pertamaku via SC pada bulan Februari 2014 lalu. Meskipun sudah hampir dua tahun, tapi sesekali masih suka 'celekit-celekit' di area bekas SC, apakah luka Mamak sekalian juga begitu?

Katanya Mak, luka pasca SC memang bakal sesekali kerasa bahkan sampai beberapa tahun setelah operasi dilakukan. Ya, gimana ya, operasi ini kan memang termasuk operasi besar, ada banyak sekali bagian tubuh yang berada di sekitar rahim yang dibuka, mulai dari panggul, usus, kandung kemih, juga lambung. Dan risiko komplikasinya juga banyak sekali.

Masih ingat ga Mak saran dokter pasca operasi kemarin? Aku sendiri ga diberi saran special kecuali obat untuk antinyeri, vitamin untuk mempercepat kesembuhan dan obat salep untuk dioles. Tidak ada saran untuk tidak membawa barang berat terlebih dahulu, memakai belly bandit, apalagi memijat bekas luka pasca operasi ketika lukanya sudah sembuh. 

Syukur alhamdulillah lukaku sembuh dalam kurun waktu tidak begitu lama Mak, dalam seminggu pasca SC aku sudah berani gendong anakku *meski sebentar, luka menutup sempurna dan bisa lepas perban segera. Lalu, bagaimana awalnya aku mengetahui ternyata memijat bekas luka SC sangatlah penting? Hihihi, karena setahun setelah operasi, aku hamil lagi Mak. Yap, sekarang usia kandunganku memasuki minggu ke 35. Semenjak aku tahu kalau sedang hamil lagi, aku masuk ke sebuah group yang bertujuan untuk support para ibu yang ingin melahirkan normal setelah sebelumnya SC, aka VBAC (Vaginal Birth After Caesarean). Salah satu tips agar bisa optimal dalam ikhtiar tersebut adalah C-Scar Massage, alias memijat luka bekas SC.

Why. Kenapa Siy Harus Dipijat?

Sehabis operasi, luka kita akan sembuh Mak, namun demikian ada kalanya -karena saking banyaknya bagian tubuh yang 'dilukai', selama masa penyembuhan itu terjadi pelengketan yang tidak semestinya. Pelengketan terjadi antara satu luka dengan luka lain yang tidak menempel sempurna sesuai lokasi seharusnya. Hal inilah yang mengakibatkan keluhan berupa nyeri di sekitar bekas luka operasi. Berbahayanya yang saling lengket tidak sempurna itu bisa berupa organ dalam seperti usus, ovarium, rahim dan kantung kemih. Untuk membuat mereka kembali ke posisi semula, maka kita perlu membantu dengan memijatnya. Risiko perlengketan ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya operasi SC yang dilakukan seorang wanita. 



How to massage?

Pastikan Luka Sudah Sembuh. Pertama-tama kita harus memastikan bahwa luka sudah kering, biasanya berlangsung 6-8 minggu pasca operasi. Semakin cepat dilakukan pijatan setelah lukanya benar-benar sembuh, maka itu semakin baik. Namun demikian, tidak ada kata terlambat untuk memulai pijatan bahkan ketika ternyata anak kita sudah ga bayi lagi, hehe
Pijat Bagian Kulit Terluar. Lebih tepatnya sebenarnya sentuh dengan lembut ya Mak. Bukan kayak pijat di lokasi lain yang ga luka *hororbangetsiLilis. Kalau masih kerasa nyeri, bisa mulai dari kulit di bagian atas dan bawah bekas operasi. Pelan-pelan disentuh sambil dirasakan arah otot-ototnya, kalau ada yang kaku, pijat lembut kurleb 60-90 detik. Its okey untuk merasakan ada nyeri karena memang dia lama ga digerakkan, dengan semakin sering kita pijit, insyaAllah nyeri tersebut bisa berkurang. Gerakannya bisa naik turun, kiri-kanan dan memutar ya Mak. 

Pijat Bagian Otot di Bawah Kulit. Setelah luka terasa lebih bisa mentolerir sentuhan, cobalah untuk menekan bagian perut di sekitar luka dengan lebih dalam. Rasakan apakah ada otot-otot yang kaku, jika ada, berikan sedikit tekanan untuk melemaskan otot-otot yang kaku tersebut. Gerakannya sama seperti di step sebelumnya, bahkan jika bekas lukanya sudah mulai bisa diajak kompromi, ia pun bisa dipijat.

Ingat selalu bahwa kita tidak memaksa otot-otot untuk segera rileks, melainkan memijat lembut saja dengan tekanan seperlunya. 

Pijat Bagian Dalam. Di bawah dua layer sebelumnya terletak kantung kemih dan rahim. Untuk membantu organ-organ tersebut benar-benar tepat lokasinya dan tidak ada perlengketan pada saat proses penyembuhan luka, kita bisa mengecek dengan menekan jari kita di sekitar panggul lebih dalam. Lebih efektif jika dengan berbaring. Pastikan oot-otot yang lebih dalam mampu bergerak fleksibel untuk meyakinkan proses ini berlangsung dengan baik.

Sangat penting untuk melakukan step ini karena step inilah yang diyakini mengurangi risiko low back pain, dan frekuensi berkemih yang abnormal di masa-masa mendatang. 

Sampai kapan kita harus melakukan pijat ini?
Sampai ketiga layer tadi membentuk otot-otot yang lebih elastis *mampu mengikuti setiap arah gerakan yang kita inginkan tanpa ada 'penolakan' berarti. Bahkan diusahakan untuk mengecek minimal 2-4 minggu sekali selama 1-2 tahun pertama setelah operasi berlangsung. 

Alhamdulillah saya juga baru mulai Mak, taunya kapan, ngelakuinnya kapan ya Mak *plaks
Bener-bener awalnya memang nyeri, Mak, apalagi di pojok-pojok luka. Tapi demi masa depan kesehatan yang lebih baik (apalagi sekarang juga masih muda *kabuur), ayoklah ini pijat memijat bekas operasi ditelatenin. Kalau aku sebagai awal ini pakai olive oil Mak, yang natural, bukan yang untuk spa or berpewangi. Sekali mijet 5-10 menit, alhamdulillah si keloid pun mulai melembut. Ga kayak sebelum-sebelumnya yang super kaku kayak sosis, apalagi kan perutku sudah mulai membesar. Hihihi. Jadi, ayo Mak yang mau mulai *pompomgirl . Sama sekali belum terlambat :)

Oiya, selain memijat bekas luka operasi, beberapa langkah berikut akan sangat mensupport kesehatan kita pasca SC Mak. Satu, pastikan untuk menjaga asupan high protein, semakin baik asupan kita, maka semakin cepat luka-luka itu akan sembuh. Kedua, hindari alkohol, rokok, dan gaya hidup buruk seperti makan sembarangan. Beberapa penyakit berat dan faktor usia akan memperlama proses healing luka. Ketiga, beberapa salem dipercaya mempercepat proses penyembuhan, silahkan digunakan selama sesuai dengan rekomendasi dokter ya Mak. Keempat, minta bantuan terapist jika diperlukan. Nah, sayangnya, aku belum pernah denger niy Mak, bidan or terapist or dokter yang memiliki keahlian ini, terutama di dalam negeri.

Selamat mencoba ya Mak, semoga sehat selalu :3


Sumber :
*http://www.pregnancy.org/article/massage-your-c-section-scar
*http://mommylivesclean.com/2014/11/20/why-you-should-massage-your-c-section-scar/
*http://www.makingmomstrong.com/the-importance-of-massaging-your-c-section-scar-after-it-has-healed/
*http://www.touchforbirth.com/blog/133-cesarean-scar-healing-massage.html
*http://www.drkapoormd.com/blog/wp-content/uploads/2014/04/shutterstock_109378880-1.jpg

You Might Also Like

15 comments

  1. Waaahh saia baru tau ada pijat pasca SC, cobain aahh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Wisga, kalau kurang yakin bisa langsung cuss ke sumber yang sudah kucantumkan ya, ga banyak dokter yang nyaranin tapi hasil penelitian menunjukkan pentingnya melakukan massage ini.

      Hapus
  2. Bekas luka sc ku malah sering tiba2 gatel mb....aku betadine...sembuh. Sc nya 3 tahun silam....blm pernah tak pijit2. Thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gakpapa Mba dikasih betadine? Ngga ngering gitu? Hihihi.
      Soalnya punyaku berkeloid, ga berani oles-oles selain olive oil >,<

      Hapus
  3. Mba Liliis 😊👍🏻👍🏻👍🏻 ninggalin jejak dulu.. insyaAllah ntar mau baca postingannya 👍👍

    BalasHapus
  4. Klo kata dokterku shbs sc ga blh perut dipijat loh.. walaupun udh bertahun2..
    Emang sih prasaan perut ini ga pd posisinya klo kt org turun gitulah.. jd kasang suka sakit pinggul..
    Trs klo mau treatment mijit sndr kok sulit ya??

    BalasHapus
  5. Klo kata dokterku shbs sc ga blh perut dipijat loh.. walaupun udh bertahun2..
    Emang sih prasaan perut ini ga pd posisinya klo kt org turun gitulah.. jd kasang suka sakit pinggul..
    Trs klo mau treatment mijit sndr kok sulit ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan perutnya Mom, melainkan bekas luka SC nya saja. Supaya bagian dalamnya tidak terjadi perlengketan. Btw, kalau mau eferensi luarnya juga sudah saya cantumkan linknya, silahkan dipelajari ya :)

      Kalau sendiri geli, bisa minta tolong mas suami Mom :) Sayapun ga memijit sendiri :p

      Hapus
  6. Pijat perut dan luka sc ini kalau sudah ikut paket pijat tradisional setelah melahirkan (spt dian mustika atau mbok2 yg dtg kerumah) sudah termasuk blum ya mba? Apakah sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak sama Mba.
      Karena kalau sama mbok pijet kan tidak fokus pada bekas luka SC ya?
      Ini juga bukan pijat seperti biasa kita dipijat kok Mba, lebih halus, lebih ati-ati, sedikit-sedikit tekanannya, tidak langsung keras.

      InsyaAllah bisa pijat sendiri atau dibantu suami.

      Hapus
  7. Aq dipijat sama tukang urut dirumah tapi di bagian bawah perut kayak naikin peranakan itu gimana Mak, padahal aq dah kasih tau ini aq habis operasi dan juga sudah pakai spiral , jadinya parno masalah GA ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Mira, saya ga menyarankan siy untuk urut peranakan pasca operasi, atau urut apapun yang menekan bagian bawah perut. Karena massage yang saya tuliskan di atas sama sekali tidak menekan bekas SC, hanya pijatan lembut yang meningkat seiring kondisi luka, semakin lama nanti semakin hilang kebasnya, jadi bukan sekali urut (apalagi keras)

      Hapus
  8. Pengen nyobain , tapi kok aku ngeri sendiri ya mba ... soal nya slma 3tahun pasca sc gag pernah dipegang pegang tuh bekas jaitan ... hihihihi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum berani coba minta bantuin Mas Suami Mak, saya juga pas pertama kali bukan saya yang massage, tapi Mas Suami, seterusnya sampai mau lairan itu tugas beliau waktu itu :p

      Hapus