REVIEW : Unimom Allegro Single Electric Breastpump

  • 5/16/2016 02:38:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 11 Comments

Alhamdulillah, Ali sudah selesai ASIX sejak seminggu terakhir :) *happy
Pencapaian ini perlu dicatat mengingat Ali itu minumnya banyakkkk, sehari ditinggal 14 jam habis 8 botol. Dan Umiknya ini ninggalin dia pertama kali hanya berbekal 50-an botol ASIP di kulkas, huhuhu. Dan pas ASIX lulus, Alhamdulillah masih ada 10-an pcs di botol. Ga kejar-kejar tayang amat meskipun beberapa kali desperate juga keipikiran gimana caranya ningkatin ASIP. Karena meski ALi minumnya 8 botol sehari, Lis maksimal bias merah 7 botol ASIP saja/hari. Di kantor dapet 4-5 botol, di rumah dapet 1,5-2 botol, jadi selalu deficit 1 botol dimana biasanya aku kudu ngambil dari simpenan. Begitulah selama 1 bulan terakhir.
Merasa kalau semakin kesini kok semakin empot-empotan merah ASInya, akhirnya aku berpikir untuk minum booster ASI lagi. Waktu itu aku pilih ASI Booster Tea (yang local aja Mak) dan lumayan ngaruh tapi ga ngaruh amat. Lalalala. Setelah kupikir-pikir lagi, mungkin ini waktunya ganti pompa (selama 6 bulan aku pakai Avent Natural yang manual) karena sering banget dipompa udah ga keluar tapi masih berasa ada sisa  ASI di dalem. Geregetan kan? Percayalah 100 ml jika kurang 10 ml itu bukan 100ml namanya *dramamakmakperah

Sungguh, milih pompa itu kayak milih jodoh, takut ga cocok, mau coba dulu juga kelamaan, tapi kalau salah beli saying duitnya >,<. Akhirnya baca review sana sini, aku mantep pengen nyobain electric breastpump. Sebenarnya aku masih rada trauma sama yang elektrik, secara pernah pas anak pertama dibelain beli Medela Swing Maxi, ternyata sama sekali ga nyedot, terpaksa dipreloved dengan harga setengahnya >,<.

Well, akhir dari pencarianku cukup ga terduga. Secara kemarin kemarin bercita-cita punya Spectra, aku malah menjatuhkan pilihan ke Unimom Allegro. Alasannya simple, reviewnya pada bilang MURAH, tapi GA MURAHAN, alias kualitasnya boleh diadu. Waduhh, ciamik banget niy. Ubek-ubek asibayi.com Alhamdulillah ada. Dan harganya jauuh lebih murah dari electric breastpump lain, *dancing. Kemarin satu set plus switching kit jadi Rp 1.020.000,~ Yes!

Pulang kerja aku bebersih kemudian nenenin Ali. Saking kepengen tau performa si Allegro ini akhirya aku cuci terus steril.  Pertama-tama liat printilannya, wahh, simple, ga ribet, dan semuanya bisa disteril. Selesai steril langsung kukeringin dan kucoba. Beneran deg-degan banget. Aku berdoa semoga pompa ini berjodoh sama aku. Dan yes, inilah jodohkuu, baru sekali itu bisa pumping 150 ml sebelum bobok, biasanya mah mentok di 60 ml. Alhamdulillah ! Ini review lengkapnya ya :)

SIMPLE BANGET KAN? (source)

SIMPLE
Pompa ini mudah banget ngerakitnya, ga banyak printilan. Lihat aja di gambar, cuma tatakan, selang, mesin pompa, botol, corong dan adaptor. Bisa masuk jadi satu dalam cooler bag ukuran normal. Makin simple artinya makin sedikit risiko ketiggalan atau keselip kan?

MESIN ENTENG
Dan, si mesinnya itu ga berat, ga nyampeng 1,5 ons, jadi ga bakal bikin pegel pundak meskipun tiap hari dibawa-bawa ngantor.

BATERAI RECHARGEABLE
Enaknya lagi, batrenya rechargeable (sumpeh baru tau pas hari ke5 apa ya, ternyata bisa dipakai meski ga dicolok, dudul yah). Meskipun buatku ga ngaruh banget karena di ruang laktasi setiap bilik ada colokan, tapi siapa tau aku botoh mompa di mobil or di kendaraan yang ga memungkinkan untuk nyolokin langsung ke listrik, it will be useful.

SEDOTAN MANTAP
Sedotannya ada 4 tahap, 1,2, untuk mancing LDR, 3 sama 4 mirip sedotan bayi yang panjang dan berjeda itu loh. Menurutku sedotannya mantep tapi sama sekali ga sakit. Sedotannya ini yang bikin memompa jadi lebih mudah, aku ga perlu 'ngengkol' lagi. Tinggal santai-santai sambal berselancar di socmed, hehehe. Hasilnyapun kalau di aku meningkat disbanding pas ngengkol pakai Avent.

BISA NORMAL BISA WIDENECK
Sebenernya botol yang disediain itu normal yah lehernya, tapi kalau suka yang wideneck pun si Unimom udah nyediain ulir khusus widenecknya, jadi tinggal pasang ulirnya ke corong kayak biasa, baru deh pasang botol widenecknya. Ini oke banget menurutku karena ga boros botol, punyanya yang mana aja tetep bias dipakai dan pas. Praktis.


BISA ELECTRIC BISA MANUAL
Berkat switch kit, kita ga perlu lagi khawatir kalau listrik mati dan batre habis, tinggal dirakit switch kitnya dan lanjutkan memerahmu!

SWITCH KIT


SPAREPART GAMPANG DICARI DAN MURAH
Sebenarnya paketan Unimom Allegro ini udah royal banget, breastpump lain mana ada yang ngasih valve 3 biji kan? Valve ya satu thok, Nah, paketan yang sama switch kit ini ngasih valve 3 biji, lumayanlah, satuannya kan 50ribu. Tapi tenang aja, kalau kemarin pas ga dapet versi royal, atau lagi kena musibah valve robek, dll, sparepart Unimom ada banyak yang jual dan per satuannya murcee, paling mahal Rp 175.000, itupun adaptor dikala breastpump lain bias nyampe lebih dri Rp 200.000 per item sparepartnya.

BREASTHIELD
Mungkin bagi beberapa orang bantalan corong alias breastshield ini mengganggu, tapi bagiku itu wajib ada. Heheheh~

TEKNOLOGI CLOSED SYSTEM
Teknologi ini memungkinkan supaya ASI ga masuk ke mesin. Terjaga kehiginieannya dan mesin ga cepet rusak. Beberapa breastpump lain masih ada lho yang ga closed system.

BAGIAN SELANG GA BERHUBUNGAN SAMA LAJU ASI
Bagiku, breastpump ini cuma satu kekuarangannya, ga ada tutup corong (*nangis di pojokan), yang ada tutup corong hanya Unimom Mezzo (alias yang manual), huhuhu, jadi berasa gimana kalau mau ninggalin corong di kulkas kantor, akhirnya pakai tisu aja deh >,<


Okay, insyaAllah sudah jelas yah reviewnya, kira-kira jadi pengen nyobain ga niy? Hihihi :) Thanks udah mampir, semangat S2 ASI!

You Might Also Like

11 comments

  1. Aku pun dulu pake manual medela harmony karena yg elektrik muahallll. Mau coba yang elektrik tapi kok ya ragu2, sayang duitnya. Huahahahaha. Tapi kalo elektrik pun aku pengen swing Maxy yg 2pd itu loh mak, tapi muahalll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mahal mending trial di persewaan dulu mak, memastikan memang kita cocok pakainya , daripada udah beli terus harus diflea karena ga cocok kan? Hihhihi :p

      Hapus
  2. Saya jg pke unimom allegro moms dan belinya pas dedek udah mau 6 bulan, nyeselllll g beli dari dulu. Bener tarikannya mantabbb.. Ga kalah ama medela yg hospitality grade itu hihi

    BalasHapus
  3. Saya jg pke unimom allegro moms dan belinya pas dedek udah mau 6 bulan, nyeselllll g beli dari dulu. Bener tarikannya mantabbb.. Ga kalah ama medela yg hospitality grade itu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, betul sekali, menurut saya juga worthed Mak :)

      Hapus
  4. Saya lihat di lazada harga 1.025 idr aja, tapi dusnya ga ada gambar mommy n baby, apa kah tipe sama atau beda ya? Hehhee..udah coba pigeon ama spectra, hasil masih ga penuhin kebutuhan bayi yg dah mau hampir 4 bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mom Misda, maaf telat banget balesnya >,<

      Kalau di Lazada memang perang harganya gede gedean Mom,
      sekarang sudah mau setahun ya?

      Hapus
  5. Hai mom, aku newbie pake pompa elektrik.. untuk selangnya harus disteril juga kah? Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga Kak, karena ini selangnya ga kena apa apa selain udara, jadi selang disini fungsinya untuk penghantarudara saja, sama sekali tidak dilewati ASIP

      Happy pumping yaa :)

      Hapus
  6. hai mom punya saya sama, tapi sekarang kok nggak mau nyala ya? apa pakai baterai atau cuma pakai listrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiyakah? Coba dibawa ke servie centernya Mom~

      Hapus

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)