Ubah Suasana Kamarmu Untuk Mendapatkan Pengalaman Melahirkan Yang Berbeda, Ma

  • 11/28/2016 10:34:00 AM
  • By Athiah Listyowati
  • 2 Comments

Pernahkah Mama terpikir untuk melahirkan di ruangan yang tidak sedingin kamar bersalin rumah sakit?

No way! Masa ada siy? 

Ada Ma. Jika tidak menemukan klinik atau rumah sakit yang mempunyai kamar bersalin seperti impian Mama, Mama bisa mendesainnya sendiri.

Well, Lilis mulai ngaco. 

Ga kok Ma, apalagi jika Mama berniat melahirkan di rumah (tentu saja dengan ditemani bidan πŸ‘§) atau sembari menunggu masa aktif di rumah, Mama bisa menikmati suasana melahirkan sesuai favorit Mama di kamar Mama sendiri πŸ’• Berikut beberapa hal yang bisa Mama coba untuk mendapatkan pengalaman melahirkan yang lebih nyaman dan bahagia πŸ˜‰

Suara yang Memberi Kenyamanan atau Sebaliknya Kesunyian yang Syahdu 🎢🎡🎡

Ketenangan adalah salah satu kunci melahirkan yang nyaman, Ma. Sikap pembantu persalinan yang jutek atau suara-suara keramaian yang mengganggu bisa mengganggu ketenangan Mama yang berakibat pada tekanan psikis pada Mama dan pada bayi (uhh, apalagi kalau yang kedengaran teriakan Mama sebelah yang sedang kesakitan ya Ma πŸ˜”). Untuk itu penting sekali men-setting suasana melahirkan yang sesuai dengan psikis Mama. Karena jarang sekali klinik atau rumah sakit yang akan melakukannya untuk Mama, setting-lah kamar melahirkan Mama di kamar Mama sendiri 😬

Bagi beberapa Mama, musik dan suara tertentu merupakan sumber ketenangan. Sebaliknya, Mama yang lain lebih memilih untuk mengurangi timbulnya suara sebanyak mungkin. Termasuk saya πŸ˜‰ . Dan apapun kondisi yang Mama pilih, its okey Ma.

Bagaimana cara mengetahui Mama termasuk jenis yang mana? Gampang, Ma. Coba kalau pas Mama pup (ups sorry), Mama suka ada suara (misal gemericik suara air dari keran) atau sama sekali tidak ada suara. Kalau saya, saya suka tidak ada suara sama sekali. Kalau ada suara rasanya kurang nyaman dan sulit berkonsentrasi. Sehingga saya memilih suasana melahirkan yang sunyi senyap. Kalaupun ada suara, hanya suara lantunan ayat Al Quran saja yang bisa saya terima. Jika Mama tidak masalah dengan bunyi gemericik air, malah lebih nyaman, maka Mama termasuk yang suka dengan suara Ma. Mama bisa memilih suara/musik yang sesuai dengan preferensi Mama πŸ˜€ jangan khawatir dengan jenis pemilihannya, its yours Mama. Rock pun boleh, xixixi.  

Jika bingung mau memilih musik seperti apa, mungkin Mama bisa mengintip playlist yang didesain oleh Spotify bersama seorang Ginecologist, Jacques Moritz, di sini. Lagu-lagu yang terdaftar dalam playlist tersebut diklaim dapat membantu ibu fokus dan tenang selama menghadapi persalinan di rumah sakit yang cukup ramai. Lis belum coba, Mama mau mencoba?
 

Tulisan-tulisan Penyemangat
Perjuangan melahirkan buah hati seringkali membutuhkan semangat lebih ya Ma? Apalagi ketika proses kelahiran berjalan lama. Wahh rasanya ingin sekali cepat selesai dan menyudahi segala kesusahan ini.

Baca : My Prolonged Labor

Tapii, sebelum itu terjadi, ada baiknya kita mempersiapkan tulisan-tulisan penyemangat Ma. Iya, birth affirmation. Tulisan-tulisan yang berisi afirmasi untuk menyemangati diri. Tulisan ini bisa kita cetak kemudian kita pajang dengan cantik di tempat yang mudah terbaca, misal di atas tempat tidur.

Bith affirmation wallpaper dapat menjadi dekorasi kamar melahirkan yang cantik sekaligus memberi energi

Menulis sendiri birth affirmation favorit tentu menyenangkan, tetapi jika Mama merasa kesulitan atau tidak pede dengan hasil karya Mama sendiri (itu mah saya πŸ˜€), ada seorang desainer yang berbaik hati memberi free printable birth affirmation favoritnya untuk kita pakai Ma, klik disini ya untuk men-download 25 birth affirmation design yang cantik sekaligus memberi energi.

Contoh birth affirmation yang bisa Mama cetak sendiri :)


Aroma yang Magis
Aromatheraphy banyak diklaim oleh beberapa ahli dapat membantu persalinan. Secara biologis, hormon yang sangat mempengaruhi persalinan adalah oksitosin. Beberapa aroma dipercaya memicu pengeluran hormon pembantu persalinan ini Ma. Sehingga menstimulasi aliran darah ke pelvis dan menstimulasi kontraksi rahim.

Aroma yang dipercaya membantu proses persalinan diantaranya clari sage, geranium, jasmine, lavender, peppermint, rose, dan ylang-ylang. 

Essential oil dapat dioleskan di pusat titik nadi maupun didifuse dengan alat khusus, yaitu diffuser.

Penggunaan EO lebih mudah dengan menggunakan diffuser

Cahaya Redup Nan Romantis πŸ’‘
Banyak Mama yang malahirkan sangat sensitif dengan cahaya. Termasuk saya, Ma. Selama melahirkan kemarin pun Lis memilih mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur. Ga pakai lilin-lilin segala karena kamar saya ga terlalu luas dan saya ga menyalakan AC. Selain itu juga tidak praktis. 

Kamar dengan cahaya redup sangat cocok untuk membantu kita fokus pada bayi dan mengelola sakit loh, Ma. Karena mata kita tidak terganggu dengan cahaya yang terlalu terang. 


Temperatur Udara yang Tepat
Terlalu dingin jelas ga nyaman ya Ma, panas pun sama tidak nyamannya. Aturlah temperatur ruangan sesuai preferensi Mama. Saya memilih susu ruangan normal di angka 25 derajat celcius, tidak panas dan tidak dingin. Hihi, maklum, kontraksi sudag bikin keringat ngucur, ga mau ah ditambahi dengan kondisi suhu ruang yang bikin tambah gerah. Tapi sebaliknya ga mau terlalu dingin karena saya ga mau menggigil di saat fokus mengelola sakit.

Selain dekorasi kamar yang nyaman, Mama juga perlu memastikan bahwa di kamar Mama ada barang-barang yang Mama perlukan untuk membantu menyamankan proses melahirkan. Waktu itu saya memilih gymball  sebagai bagian tidak terpisah dari isi kamar melahirkan saya dan tentu saja makanan dan minuman berenergi. 

Baca : Cara Menggunakan Gymball Selama Hamil dan Melahirkan

Nah, setelah membaca pengalaman tentang kamar melahirkan, apakah Mama sudah terbayang ingin mendesain kamar melahirkan yang seperti apa? Share ya, Ma 😜




You Might Also Like

2 comments

  1. wah ide suasana untuk melahirkannya seru, bisa menciptakan suasana rumah seperti yang diinginkan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, :)
      You can choose your own enfironment ~

      Hapus