IIP

Menguatkan Sayap Bersama IIP

  • 12/21/2017 06:40:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 6 Comments


untuk meninggi, perlulah kita terlebih dahulu menguatkan sayap

 ***
Baru-baru ini saya disibukkan dengan banyak hal -dan sejujurnya agak lost appetite mau nulis karena energi habis terserap buat do this do that lalalala. Padahal banyak banget momen penting yang sayang banget kalau dilewatkan ceritanya. Salah satunya keseruan saya mengikuti komunitas ibu ibu paling hits dan kece -minimal menurut saya ye kan ye kan? 

Udah nebak dong dari judul postingan ini? :p Bener banget, saya baru saja masuk kelas pra matrikulasi komunitas Institut Ibu Profesional yang digagas oleh Ibu Septi Peni. Tepatnya di batch 5. Ups, belum masuk resmi jadi member siy. Kan belum lulus kelas matrikulasi apalagi kelas kelas berikutnya (sampai tiga tingkatan euy, challenging kaann?) 

Nah, sekarang saya mau cerita apa saja yang saya dapet selama kelas pra matrikulasi ini. Dari namanya saja udah kebayang kan, p r o f e si o n a l. Its mean bakal ada spesifikasi aka skill khusus yang dibutuhkan untuk memiliki titel tersebut. Apalagi seorang Ibu yang perannya jelas jelas nyata -you know what i mean. Dari kelas pra matrikulasi saja sudah kerasa banget betapa seriusnya Ibu Septi Peni dan tim mengasuh komunitas ini. Mulai dari code of conduct komunitas yang sangat jelas sampai jadwal belajar yang tersusun super rapi. Sebuah perkara yang tidak mudah menurut saya, mengelola ribuan ibu dari berbagai kota yang sehari-hari  bertatap muka hanya via layar gawai di Whatssapp Group (mak mak jaman noww! rockk youuu!) . Meski dalam kurikulum tercantum mode belajar tatap muka langsung, namun sebagian besar proses belajar di komunitas ini berlangsung online. 

Untuk memperlancar pembelajaran via online tentu saja setiap Ibu -selaku "siswa"- harus mahir -yah minimal mengerti- bagaimana mengelola dokumen yang berbentuk softfile. Jadi, kurikulum utama selama pra matrikulasi ini adalah mengenalkan berbagai perangkat online yang bisa dipakai secara bebas namun membantu proses belajar, seperti pengenalan Google Drive, Google Docs, Google Sheet dan juga blogging.

Is it easy? Mungkin bagi Ibu yang sudah terbiasa dengan keempat hal itu selama kuliah atau di kantor, its too easy to them. Tapi saya juga melihat beberapa Ibu cukup kewalahan. Bahkan hampir-hampir menyerah saking tidak tau harus bagaimana. Tapi kerennya, saya juga melihat hampir semua Ibu bersemangat untuk berhasil mempelajari semua materi dan mengerjakan tugas tepat waktu dan juga baik kualitasnya. 
Disitulah saya merasa terharu.

Kesulitan -bahkan rasa sungkan ditanggalkan- dan tantangan dihadapi demi bisa masuk ke jenjang berikutnya. Demi bisa terkualifikasi untuk belajar lebih lanjut di jenjang yang lebih tinggi. Demi bisa menjadi seorang ibu profesional. Thats good sign mommies, banyak orang mampu kalah dengan orang yang mau. Karena mampu saja tidak cukup jika tidak berbuat bukan? 

Ini hanya tentang belum kenal, bukan tidak bisa. Ini hanya soal jam terbang, bukan tidak mampu. Saya yakin kita semua akan bisa melewatinya :) Sekali lagi, bukan kita tak bisa meninggi, kita hanya sedang menguatkan sayap-sayap kita. Ketika keduanya telah menguat, maka meninggilah hingga teraih segala harap.  Kita hanya perlu berlatih. Sedikit sedikit namun konsisten. Not the best, but better everytime. 

Lewat tulisan ini saya ingin menaruh harap dan menguatkan tekad, bahwa apapun tantangan yang akan saya hadapi dalam meraih cita cita mulia ini, akan saya hadapi dengan sabar yang tak pernah habis. Suatu hari, kedua sayap ini akan kuat membawa asa bertemu realitanya. Kamupun Bu, semoga begitu. 

You Might Also Like

6 comments

  1. Maaak... ayo kita menguatkan sayap bersama๐Ÿ˜Š love your quotes. Please ajarin bikin penampakan blogspot aku biar sekece punyamu, maaak... ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Ibu Kancil (cu amat siy namanya :3)

      Gampang, kapan kapan kita belajar ya, online offline insyaAllah bisa ๐Ÿ˜€

      Hapus
  2. Mau mak di ajarin blog nya good looking gini,hehehhe...btw salam kenal ya mak, saya almira..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mak Mir, yok yok kapan mau belajar bareng?

      Makasiy yoo udah mampir :B

      Hapus
  3. Tulisan keren Mak...
    Mohon berbagi ilmu agar bisa sekece ini blognya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mak, insyaAllah bisa dijadwalkan online maupun offline :)

      Hapus

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)