Buat Paspor Sekarang Cepet

  • 1/25/2018 08:40:00 AM
  • By Athiah Listyowati
  • 0 Comments





1
membuat akun di web/aplikasi mobile
Saat ini, seluruh layanan permohonan paspor harus melalui aplikasi/web online ya gaes, jadi ga ada lagi ceritanya ngantri dari subuh mencrit kayak jaman daholoe. Nah, untuk mendapatkan nomor antrian ini, kalian harus punya di website antrian paspor atau aplikasi Antrian Paspor (bisa didownload di Playstore)

2
mengantri via web/aplikasi mobile
Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan. Satu akun maksimal hanya dapat mengajukan 4 pemohon dalam satu waktu. Nah, pada proses ini niy kesabaran kita diuji (lalalala), karena dari pengalaman kemarin beneran susah banget untuk dapetin jadwal yang belum full kuotanya. Ampe kayak refresh web/aplikasi per 15 menit pun ga dapet dapet. Abis itu coba trik ganti kantor imigrasi yang agak "sepian" menurut saya, ternyata tetep zonk. So, tetep optimis aja untuk dapetin nomer antrian dan selalu siap dengan NIK. Jadi kapanpun dapet kesempatan untuk masukin data pemohon, langsung bisa isi dan amanin nomor antrian.

Tampilan dashboard aplikasi antrian paspor online 

3
datang sesuai jadwal 
Saat berhasil mendapat nomor antrian, maka kalian akan mengetahui kapan harus datang ke kantor imigrasi yang dipilih. FYI, dengan sistem ini sudah ga ada lagi antrian prioritas untuk bayi/balita ya. Karena dari pengalaman kemarin, meskipun kami datang ja, setengah8 pagi, kami tetep baru bisa masuk ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang kami dapat, yaitu jam 11 siang >,< Udah nawar-nawar ke petugas tetep ga berhasil (emaknakal). Tapi alhamdulillah prosesnya memang bener-bener cepet pas akhirnya kita boleh masuk. Sebagai tanda bahwa kita telah terdaftar pada hari itu, kita akan dapat semacam ID Card yang menyatakan bahwa kita pemohon (ID Card juga diberikan kepada pendamping). Dengan ketatnya sistem antrian ini, akan sangat lebih baik (bahkan bisa dibilang wajib) jika kita datang ke kanim benar-benar mendekati jadwal yang sudah tertera di data antrian. Untuk antrian jam 11, biasanya pukul setengah11 sudah boleh masuk ruang layanan.

4
bawa seluruh dokumen asli
Nah, pas sudah di dalam ruang layanan, kita akan dipanggil sesuai nomor di ID Card untuk dilakukan verifikasi data, seperti menyerahkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan dan memperlihatkan dokumen aslinya ke Petugas.Saran saya, kumpulkan seluruh copy dokumen dan aslinya dalam 1 map per pemohon. Hal ini agar Petugas dan kita mudah dalam melalui proses verifikasi. Setelah semua data terverifikasi, Petugas akan memberikan sebuah map (berisi copy dokumen yang sudah diverifikasi) dan memberi nomor antrian layanan (entah kenapa biasanya berbeda dengan nomor ID Card saat masuk ruang layanan). Tidak lupa, Petugas akan memotret wajah pemohon. Setelah itu, silahkan menunggu dipanggil sesuai nomor antrian yang baru saja diberikan ya.

5
pengambilan foto dan sidik jari
Sekitar 10-15 menit dari waktu kedatangan (waktu ini tentative ya, apalagi kalau datangnya mepet waktu istirahat siang, hehe, ya bakalan nunggu 1 jam lagi lah untuk dilayani) biasanya kita akan dipanggil untuk melalui tahapan berikutnya, yaitu wawancara, perekaman sidik jari dan pengambilan foto. Dulu banget proses ini baru bisa dilakukan setelah berkas kita masuk paling ga 3 hari (bahkan bisa lebih), alhamdulillah sekarang hari itu juga kita bisa melalui seluruh rangkaian pembuatan paspor dalam 1 hari. Serahkan ID Card pemohon ke Petugas dan bawa map yang tadi diberikan oleh Petugas. Dokumen dalam map akan di-scan oleh Petugas di loket layanan setelah itu kita akan mulai diwawancara terkait tujuan membuat paspor. Jika mom sedang mengajukan permohonan untuk paspor anak, pastikan ayah dan ibu ikut hadir ya. Karena Petugas akan menolak jika pemohon yang masih anak-anak tidak didampingi kedua orang tua. Jika wawancara selesai, maka petugas akan meminta kita untuk menginput sidik jari dan foto. Thats why saya sarankan untuk dandan rapi. Meskipun yang bakal kepotret wajah sampai di bawah leher sedikit, ya minimal touch up sedikit mom, biar wajah di paspor segeran. Maklum, fotonya on the spot, ga bakal bisa deh di-sotosopin, :P Kalau nyesel sama fotonya, cuma bisa diubah 5 tahun lagi rrr.

6
bayar biaya pembuatan paspor tepat waktu
Setelah selesai ambil foto dan upload data, petugas akan memberikan lembar pengambilan paspor dan lembar tagihan biaya pembuatan paspor (sesuai dengan paspor yang kita pilih). Tagihan pembuatan paspor bisa dibayarkan melalui bank maupun gerai Pos Indonesia. Yang jelas, jangan bayar di ATM ya gaes saran saya, dikhawatirkan ATM yang kita pakai untuk bayar kehabisan struk bukti transfer, bakalan kesusahan untuk nyerahin bukti trasnfernya ke kantor imigrasi. Nah, kalau di Depok, di depan kantor imigrasi selalu ada mobil layanan Pos Indonesia yang stand by untuk menerima pembayaran tagihan paspor. Jangan lupa disimpan baik-baik ya, bukti pembayaran tagihannya.



7
ambil paspor
Sesuai janji layanan Kantor Imigrasi, paspor yang kita ajukan dapat diambil 3 hari kerja pasca pembayaran paspor diselesaikan. Jadi, misal kita bayar hari Senin, maka hari Kamis sudah bisa kita ambil paspornya. Dua kali kami ajukan paspor di dua batch berbeda, alhamdulillah janji layanan tersebut terpenuhi. Cara mengajukan pengambilan paspor ga harus antri lagi ya, tinggal datang ke kantor, terus sampaikan bahwa kita mau ambil paspor sambil menunjukkan bukti bayar. nanti petugas bakalan memberi ID Card khusus ambil paspor. 



You Might Also Like

0 comments