Seseruan Bareng 200 Bunda? Cuma di Mombassador SGM Bisa Begini

  • 3/27/2018 12:49:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 2 Comments

Holaa memori Jogja dari realita Jakartaaa !


Bersyukur banget kemarin 3 hari seseruan sama bunda-bunda seluruh Indonesia badan sehat walafiat, soalnya hari ini baru mulai muncul tanda-tanda mau flu huhuhu, semoga ga beneran flu yah, langsung digempur sama Redox*n biar imunnya nambah. 

Eh emang habis seseruan ngapain siy? Ups, ga sabar ya? Jadi, tanggal 7 s.d. 9 Maret 2018, saya dan mommies yang terpilih mengikuti Mombassador SGM Eksplor di kota pelajar kesayangan kita semua- Jogjakarta. 

Mombassador SGM Eksplor adalah komunitas yang terdiri dari bunda-bunda Indonesia yang dibentuk oleh SGM Eksplor untuk mengajak bunda-bunda Indonesia menjadi lebih paham dan peduli terhadap nutrisi dan perkembangan anak dalam menyiapkan mereka menjadi generasi maju serta individu yang berdikari dan bermanfaat untuk bangsa. Untuk bergabung di komunitas ini, bunda harus lolos seleksi sebagai Mombassador dan hadir pada acara inagurasi Temu Bunda (seperti yang saya ikuti kemarin). 

Saat ini telah tergabung kurang lebih 500 bunda dalam komunitas Mombassador SGM Eksplor yang merupakan gabungan dari Mombassador dari Batch 1 sampai Batch 7. Ssstt, bocoran niy, tahun ini masih akan dibuka loh kesempatan untuk bergabung dengan para Mombassador, dua batch malah. So, biar ga ketinggalan, pastikan Bunda follow ya akun Facebook Aku Anak SGM. 

Nah, sebelum lanjut ke FAQ tentang komunitas Mombassador SGM Eksplor, saya sharing dulu keseruan selama mengikuti Temu Bunda di Jogja minggu lalu ya :) 

Day 1
#1 Bertemu di Titik Penjemputan 
Pesawat kami -para bunda yang berangkat dari Bandara Halim- dijadwalkan pukul 07.10 pagi. Untuk amannya, kami harus sudah tiba di titik penjemputan pukl 4 pagi. Alhamdulillah pukul 4 lebih 5 seluruh Bunda (kami berenam) yang tinggal di Depok sudah berkumpul di depan Detos. Setelah semua koper aman di bagasi, kami segera menuju bandara bersama-sama. SGM ga cuma nyiapin tiket penerbangan gratis, tetapi juga penjemputan dari titik terdekat tempat tinggal para Bunda ke bandara/stasiun kereta. Kalaupun Bunda bunda menggunakan alat transportasi umum secara mandiri, semua biayanya bisa di-reimburse loh *wink wink 

Btw, terima kasih banyak ya Pak Suami yang sudah mau anterin motoran ke Detos jam setengah 4 pagi dari rumah. Beneran deh, kalau ga kepepet ga mau motoran jam segitu -apalagi lewat Kemakmuran dan Juanda- ngeri! Tapi kami bismillah wae deh, saya wanti-wanti pulangnya jangan lewat Juanda, mending Margonda saja yang lebih rame >,< 

#2 Keberangkatan Dari Bandara Halim Perdana Kusuma Menuju Bandara Adi Sucipto 
Baju merah-merah di Bandara? Nah, mungkin itu saya dan para Bunda lain lagi nunggu boarding. Heboh? Pasti Bun. Itu baru sekitar 40an Bunda ya di Halim, apalagi pas di Jogja, 200 Bunda, puyeng ga tuh :p Alhamdulillah kami semua check in dengan lancar. Saya memilih untuk backpacker -an saja, alias males naroh koper ke bagasi. Tapi kalau Bunda sekalian ga biasa pakai backpack dan memang berniat mau beli oleh-oleh banyaakk, ya lebih baik berkoper saja. Pastikan saja kopernya yang cukup kuat ya Mak. Ga harus baru, tapi usahakan kalaupun mau beli ya sekalian yang bagus. Soalnya kita ga bisa menjamin perlakuan atas koper-koper kita di ruang bagasi. Akan sangat mungkin dilempar dan berakibat lecet atau rusak. Kan ga lucu kalau bawa koper tapi rodanya rusak >,< 

Pukul 06.40 an kita sudah bisa boarding ke Pesawat, oiya, untuk keberangkatan maupun kepulangan, SGM membelikan kami tiket Citilink. Alhamdulillah ga terlalu delay lah ya, bahkan nyampainya 10 menit lebih cepat kalau ga salah. Untuk para Bunda yang baru pertama kali naik pesawat, dont worry naik pesawat itu ga semenyeramkan itu, mirip kayak naik roller coaster siy kadang-kadang, apalagi kalau lagi ada turbulence. Pokoknya jangan lupa berdoa yaa ~


#3 Outing Di Prambanan
Sampai di Bandara Adisucipto, kami sudah siap dijemput dengan 1 bus besar. Ternyata kita bakal langsung menuju lokasi outing yang lokasinya berada di Komplek Candi Prambanan. Tepatnya di Prambanan Resto.



Sebelum memulai outing, seluruh peserta diminta untuk menggunakan seragam kaos bertuliskan "Temu Bunda SGM Eksplor" dengan warna khasnya merah putih. Nah, yang saya paling ga puas ni ternyata siang itu-yang panas semrong masyaAllah- adalah waktunya foto untuk profil Mombassador, mana ga bawa lipen apalagi bedak. Semuanya di tas besar yang sudah meluncur duluan ke hotel >,< Yawes seadanya tuh muka minyakan. Saya ga berharap banyak sama hasilnya, yang penting mata ga merem plus acamata ga backlight aja saya udah seneng. Jerawatan ya sebodoh lah ya. Beneran ga ada make up soalnya. So, kalian kudu siapin tuh lipen dan bedak padat minimal, kalau kebetulan muka lagi kucel bisa langsung di-touch up.

Kenyang makan siang -enak enak banget makanan di Prambanan Resto, juaraa!- kami semua berkumpul di sebuah lapangan untuk mengikuti outing. Kocaak parah si EO -nya. Saya merasa seneng banget karena bisa blend sama semua Bunda (saya cuma kenal 1 orang sebelum acara Mombassador dimulai) Permainannya pun bener-bener "bertujuan". Hihihi, bertujuan soalnya di dalemnya team building-nya sekalian tes pengetahuan para peserta tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak (plus produk-produk SGM yang sesuai). Outing makin seru karena ada hadiah buat tim yang poinnya paling banyak >,<

#4 Workshop Do and Donts Mombassador SGM Eksplor
Outing selesai sekitar pukul setengah3 sore, dilanjutkan dengan workshop memperkenalkan seluruh panitia dari Sarihusada dan apa serta mengapa menyenangkan menjadi bagian dari Mombassador SGM Eksplor. Disini kita juga mengisi surat pernyataan untuk bersedia menjadi Mombassador dengan segala hak dan kewajiban yang memgikuti.



# Jogja Tshirt Visit


Jam menunjukkan pukul 5 kurang saat bus kami meluncur keluar area pabrik. Namun karena pihak hotel belum menyelesaikan proses pengaturan kamar hotel, guide kami selama perjalanan mengajak kami untuk berkunjung terlebih dahulu ke Jogja Tshirt. Jogja Tshirt dari segi tempat memang cukup jauh dari keramaian kota. Konsep nya unik karena pengunjung bisa melihat sendiri prose spembuat Jogja Tshirt sambil berbelanja. Pengalaman yang cukup seru sekaligus haru. Secara langsung keinget kerjaan kantor ya, di ruang berAC, nyaman, bisa dengerin musik malah kadang main game, bahkan bisa blogging di jam istirahat. Lha mereka? Kalau lagi kerja bener-bener cuma bisa kerja aja, ga bakal bisa nyambi belanja olshop kayak aku >,< Semangat selalu ya Pak, Bu, Mas, Mba di Jogja Tshirt. 
#5 Welcome Dinner 
Malam pertama di Jogja kami diisi dengan acara yang cukup padat, namun tetep ga ketinggalan Welcome Dinner nya :p Berkumpul di ruang agak terbuka. Malam itu kami dijamu dengan makanan lezat dari Alana Hotel :)

#6 Workshop "Personal Branding" 
Perut kenyang, saatnya belajar dong yaa, biar jiwanya juga terisi kebutuhan gizinya. Workshop kali ini diisi oleh Mom Candy dan Mom Nindy yang mengusung tema personal branding. Ternyata bagi kita para mama, dengan berkembangnya dunia digital kini, penting sekali membangun personal branding. Secara singkat, personal branding adalah bagaimana image yang kita inginkan terlintas dalam benak orang lain saat teringat dengan diri kita. Apakah seorang Ibu yang pinter masak, seorang fotografer handal, seorang yang selalu berfikir positif, dll. Selesai workshop kita kembali ke kamar, dan langsung dapet surrrpriseee. 

Ini dia surprise di hari pertama Mombassador SGM Eksplor :)


Day 2
#1 Workshop Social Media 
Setelah sarapan secukupnya, di hari kedua ini saya akan masuk bersama group yang melaksanakan workshop indoor terlebih dahulu barulah berkunjung pabrik Sarihusada. Ini workshop yang bener bener make my eyes blink blink sangking senengnya sama pemateri dan materinya. Yang pertama memaparkan materi ada Mba Mildaini, beliau sekarang menjadi Ketua Komunitas Blogger Bengkulu dan merupakan Mombassador SGM Eksplor Batch 4. Beliau menceritakan bagaimana dampak dari keikutsertaannya menjadi Mombassdor pada tahun 2016 lalu mampu melejitkan potensi menulisnya, baik sebagai blogger maupun sebagai penulis buku. So inspiring! Belum cukup inspirasi dari Mom Milda, kami juga mendapat dosis inspirasi tambahan dari Mom Efy Sukaesih, Mombassador SGM Eksplor Batch 4 yang saat ini aktif dengan kegiatan social movement-nya ini, merasakan dampak positif dari sosmed terhadap apa yang disukai dan ditekuninya. Saat ini Mom Efy bahkan sedang akan membangun sebuah sekolah tak berbayar untuk dhuafa loh! Salut banget dan pengen juga bisa menjalankan social movement seperti yang dilakukan Mom Efy :)

#2 Factory Visit
Selesai seseruan bikin mading (ini dilombain loh, jadi buatlah dengan sebaik baiknya ya Mom), kami bersiap untuk masuk ke bus yang akan membawa kami menuju pabrik Sari Husada. Sebagai sebuah pabrik makanan, Sari Husada bener bener bersih Mom. Dan sudah mengadop teknologi modern. Sangat kecil kemungkinan tercemar oleh bahan-bahan berbahaya. Bahkan meski kami melihat proses pengepakan susu dari luar, kami sama sekali tidak boleh memotret dan selalu menguatamakan keselamatan. Tidak semua orang memiliki akses untuk masuk. Sehingga Mom tidak perlu khawatir, meski SGM diproduksi di dalam negeri, produknya telah lulus uji dari BPOM.

Gala Dinner
Perjalanan pulang dari pabrik Sari Husada cukup bikin merem melek, macet eim. Alhamdulillah duduk bareng sama temen yang asyik diajak ngobrol, jadi ga kerasa deh macetnya. Namanya Mba Ainun, beliau pengusaha yang suka hunting kuis (ada ya ? :p), kaya raya tapi humble banget masyaAllah. Banyak hikmah yang saya dapat dari beliau selama kurang lebih 1 jam perjalanan kembali ke hotel. Semoga lain waktu kita ketemu lagi ya Mba Ainun ~

Sampai di hotel saya buru-buru bebersih, maklum, malam ini jadwalnya Gala Dinner. Sejujurnya memang ga nyiapin dandan yang gimana-gimana, bahkan awalnya berniat tetep pakai kets meskipun acaranya semi formal.

Simpel banget kan look saya >,<

Sebagai bocoran, disini acara nya seruu banget Mom, terutama karena MC yang dipilih oleh Panitia pecaahh banget, ketawaa terus sepanjang malam. Plus banyak bertabur hadiah dari game-game superr seruu. Ga cuma game berhadiah, kita juga disuguhi 2 tamu istimewa, di sesi Mom Talk. Sesi ini menceritakan kisah sukses dua orang Mombassador SGM eksplor sebelumnya sekaligus pemberian penghargaan SGM Eksplor kepada Mombassador berprestasi tersebut. Sebagai penutup, kami semua diwisuda loh, sebagai bukti bahwa kami telah resmi menjadi Mombassador SGM Eksplor Batch 7. Karena sudah resmi, kami berhak untuk mendapatkan sebuah kain batik (yang dapat kami ubah menjadi dress, blouse, rok, whatever we want) yang didesain khusus hanya untuk para Mombassador, alhamdulillah.


Day 3
1# Presentasi Social Movement Program & Penutupan 
Hari terakhir, ga berasaa sudah lewat 2 hari dengan jadwal super padat (pastikan ga ketinggalan waktu untuk sholat ya Mom) niy! Hari ketiga kami awali dengan mendengarkan presentasi dari 3 kelompok terpilih tentang Pogram Social Movement yang sudah mereka rancang saat acara workshop di hari kedua. Semuanya seru-seru programnya. Bahkan para juri sangat excited menanti terealisasinya semua program yang dipaparkan. Hadiahnya juga ternyata seru banget.

Selain presentasi oleh kelompok terpilih, diumumkan pula pemenang dari beberapa lomba yang diadakan panitia selama acara Temu Bunda berlangsung, ada lomba vlog, lomba foto dan juga pemilihan Bunda Inspiratif, Bunda Netizen dan Bunda Teramah. Alhamdulillah salah satu foto saya mengantarkan saya masuk sebagai 1 dari 5 pemenang lomba foto.

Ini foto saya yang terpilih sebagai salah satu pemenang lomba foto kemarin

2# Belanja Oleh-oleh 
Kalau ke Jogja mah kepikirannya 2 ya, kalau ga batik ya bakpia. Nah, yang mure mure itu adanya ya di Malioboro, segala macem benda dibatikin >,< ya sendal batik, tas batik, kaos batik, kalung motif batik, hihihi, sampai sampai kata si Mba Reni -guide super kece daleman juga ada yang motif batik (bikin ngekek aja si embak). Sayangnya Malioboro lagi ditutup untuk bus besar karena mau ada pawai dari keraton. Kalau saya siy yaweslah ya ga kesono juga gakpapa, kapan kapan masih bisa. Tapi buat mommies lain yang memang jarang jarang bisa ke Jogja, saya kok yakin mereka kecewa. Tapi alhamdulillah ada obatnya lah ya biar ga kecewa kecewa amat, kami berkunjung ke batik Tirto Noto (harganya menengah ke atas ya, karena kualitasnya juga lumayan) dan Bandar Jaya Pusat Oleh-oleh Bakpia 25 (Bakpia terenyaakk). Lokasi tepat dari kedua pusat oleh-oleh itu bisa langsung browse aja ya Mak. Kalau di Bandar Jaya itu selain bakpia juga ada aneka cemilan khas Jawa Tengah lain ya, kayak Wingko Babat (Semarang), Kripik Paru (Klaten), Wajik Week (Magelang), dan masih banyak yang lain, tinggal sesuaiin sama budget aja :p

3# Kepulangan Dari Bandara Adi Sucipto Menuju Bandara Halim Perdana Kusuma
Delay. But its okey. Karena delay itu normal sodara-sodara dalam menggunakan moda transportasi umum pesawat. Akhirnya saya milih jalan jalan dulu di Periplus :p Ini mah bukannya bosen malah jadi jajan yak. Banyak buku bagus oey. Akhirnya pilih satu buku berjudul "How To Draw Everyday". Buku dari doodler Kamo yang super simpel dan mudah diikuti step by step gambar doodle nya :) Alhamdulillah pas di pesawat sampai landing aman sentosa. Still, SGM memberi pelayanan terbaik untuk kami semua rombongan Halim arah Depok, dianter lagi sampai titik terdekat dari rumah kami masing-masing. 

Such a great pleasure and great experience to become one of 500 Mombassador of SGM Eksplor!

Untuk Mom yang tertarik juga ikut bergabung bersama Mombassador SGM Eksplor, pantengin terus ya Fanpage Aku Anak SGM. Karena disitulah biasanya akan diumumkan pendaftaran Batch selanjutnya. Sekian ceritaku kali ini ~ kalau Mom masih penasaran sama kegiatan kece ini, bisa browse ya dengan keyword Mombassador SGM Eksplor. Sampai ketemu di event-event SGM para calon Mombassador :)

You Might Also Like

2 comments