Dandan Cantik (Untuk Di Rumah) Ala Mama Jagoan

  • 5/14/2018 09:57:00 AM
  • By Athiah Listyowati
  • 14 Comments


Sejujurnya saya cukup kaget karena salah satu artikel terpopuler yang pernah saya tulis adalah tulisan bertema "cantik". Padahal saya kan bukan beautyblogger :p Ga pede posting-posting muka terlalu jelas, takutnya Mama yang baca malah pingsan >,< Tapi bukan berarti saya ga merawat muka or dandan siy. Sebagai seorang wanita (seutuhnya) terus terang selalu pengen terlihat cantik. Namun demikian harus tetap dalam koridor syariat. Masalahnya beda banget euy dandan karena mau cari ridho suami dibandingkan dengan dandan supaya diridhoi netijen (hahahah, sorry to say). Dandan buat suami itu hukumnya sunnah, berpahala. Sebaliknya, dandan untuk dipuji selain suami jatuhnya dosa. Karena kecantikan wanita itu hanya boleh dilihat oleh mahram saja kan? So, tujuan dari postingan ini 100% mengkampanyekan agar para istri mau dan senang berdandan di rumah spesial untuk suaminya :) Apalagi mau puasa niy, selain mendekatkan diri kepada Allah, juga momen yang tepat untuk semakin taat sama Papa Jagoan ya Ma :) 

Menurut saya, salah satu cara membahagikan suami adalah dengan meng-istimewakan beliau. Lebih dari kita mengistimewakan Presiden (ya kali Lis bakalan diundang presiden). Bener kan? Beliau adalah Presiden di rumah kita :) Imam kita. Lebih dari itu, beliau adalah salah satu pembuka pintu surga untuk kita. Meninggal dalam keadaan diridhoi suami merupakan tiket masuk kita ke surga loh Ma ❤ tampil cantik di hadapan beliau adalah bukti hormat kita kepadanya. Hadiahnya? InsyaAllah Papa Jagoan semakin cinta deh sama Mama Jagoan semua.

Kali ini saya mau sharing beberapa hal yang harus kita fokuskan terjaga dan tampil terbaik di hadapan suami. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki Ma :) Tidak perlu dibikin susah harus merk ini merk itu, saya share hanya sebagai referensi. Merk apapun tidak masalah -tidak harus mengada-adakan, bahkan yang alami pun banyak yang terbukti khasiatnya ~ Asal halal dan sesuai kantong Mama, then its enough 

Oiya, belajar dandan itu gimana siy? Kalau ada temen yang pinter, belajar aja sama dia Ma, yah bawain cilok atau es kepal boleh lha ya ~ terus terang kalau saya banyak ngarang aja, soalnya juga dandannya ga heboh, bahkan sampai hari ini belum bisa pakai pensil alis sama eye liner, pengen banget bisa padahal >,< Cita-cita saya niy bisa pakai keduanya :p

Muka Cerah Nan Manis
Untuk efek cerah, saya paling suka pakai blush on, diusap tipis (atau agak tebel juga gakpapa siy asal jangan kayak badut) di tulang pipi. Atau boleh juga di bawah mata ala sissy Korea :p Cara paling simpel? Pakai lipstik terus dipuk-puk pakai ujung jari. Cara paling normal? Ya pakai blush on. Kenapa ga bedakan ? Ga terlalu suka bedakan di rumah. Kalau butuh banget paling pakai concealer untuk menutupi mata panda ((evil laugh)). Jangan lupaa lipen ya, lipenan yang cetar dan mencerahkan (wink-wink).


Itu untuk kosmetik sekejap matanya ya. Soalnya ada yang paling penting niy untuk menjaga supaya kulit muka tetap kenyal dan (yang paling penting) bersih! Yaitu : SKINCARE! Skincare itu cocok-cocokan ya, karena ada juga yang cukup pakai drugstore products, ada yang maunya high-end product ;p Alhamdulillah saya mah yang tengah-tengahnya. Ponds gitu-gitu emang ga bakal cocok sama kulit saya, tapi masih bisa-lah kalau kayak Sensatia (holy grail produk Indonesia ❤). So, jangan ketinggalan ya perawatan mukanya. Wajib hukumnya! 

Superpraktis langsung angkat sisa make up dan debu? Yes for Bioderma Sensabio. Suka banyak promo loh di Sociolla atau Watson. Dan meskipun agak pricey, pakainya superhemat kok. Botol 500 ml itu saya pakai udah 6 bulanan belom abis :p 



Setelah beresin muka, lanjut tap tap nutrisi untuk muka, saya pakai SK II ((awalnya)) dan hasilnya memuaskan. Tapi karena lagi-lagi ((terlalu)) high end sayalambai-lambai bendera putihajalah. Pindah ke Sensatia Face Serum kayak di bawah. Harganya jelas beda jauh :p Alhamdulillah hasilnya sama : mencerahkan muka. Kalau mau lebih lengkap, bisa ditambah dengan pemakaian mask, krim malam, dll,kembang tujuh rupa juga boleh, asal jangan diampelass ya Mamss ~ 



Rahasia Rambut Indah
Supaya makin cucok, jangan lupa untuk merawat keindahan dan kesehatan rambut ya. Setelah lama ditutup jilbab, pas di rumah beri waktu untuk rambut bernafas. Jangan diiket terus loh! Sekali kali juga boleh cari potongan rambut yang ga biasa. Kalau lagi pengen cari tampilan baru, biasanya saya cari ide-ide dari potongan rambut ala artis Korea :p 

Jangan baper. please :p | Sumber Gambar
Sebenernya belum pernah nemu siy salon di Depok yang beneran bisa merealisasikan potongan rambut impian, apakah Mams ada rekomendasi? Akhir-akhirnya ya potong segi lagi, potong segi lagi :p Opo muka bukan muka artis yo jadinya Mbak mbak salon ga bersemangat buat bikin hair do impian, mungin dalam hatinya juga kaget kenapa ada mak emak pengen kayak Song Hye Kyo. Duhh, demi ya kan demii :p 

Beberapa temen ada yang super duper telaten bikin ramuan tradisional gitu untuk menjaga kesehatan rambut Saya teh nyerah kalau yang kudu bikin-bikin dulu, sekarang aja cuma pakai shampo yang ada di Indomaret (lalalala), selama ga ada kondisi spesial tertentu, insya Allah sampo-an secara telaten aja cukup. Kalau mau lebih telaten sedikit lagi, boleh deh pakai conditioner.


Kulit Bersih dan Halus
Ga putih bukan masalah, yang masalah itu kalau kering atau kasar. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan kulit, mulai dari keteraturan membersihkan (ga harus ke salon kok, spa mandiri aja di rumah :p) dan ketelatenan merawat. Kulit bisa dirawat dengan berbagai metode, yang lengkap bisa sampai aneka suntik-suntik, saya mah ga sampai dompetnya, jadi yang selevel sama kemampuan saya saja treatment-nya. Sabun bagi saya merupakan salah satu cara merawat yang cukup penting, karena kalau mandi pasti saya lakukan (pakai lotion belum tentu, apalagi luluran). Oleh karena itu, sabun saya pilih yang paling berdampak ke kelembaban kulit. Tenang ~ ga harus yang super mahal kok! Dulu agak strict The Body Shop, pernah juga pakai The Bath Box, akhirnya sekarang pakai Natural-nya Watson. Ada banyak pilihan varian dan selalu beli yang lagi diskon ((mak emak mode on -lagii!)). Sabun yang oke menjadi dasar penting merawat kulit, karena sejujurnya menurut saya ada sabun yang bukannya bikin kerawat malah bikin kering. Kalau terpaksa pakai sabun yang seperti itu, wajib hukumnya pakai lotion ya Ma. Jadi kulit tetep ter-mousterize. 


Organ Kewanitaan Terjaga
Jangan minder kalau habis lairan! InsyaAllah rapet lagi kok Ma (uh vulgar banget yaa, demi disayang suami niyy, percayalah berguna banget ngerawat organ intim), apalagi kalau rajin kegel. Selain itu, aneka permasalahan juga kudu segera ditemukan solusinya ya. Misalnya, keputihan. Ada beberapa yang karena hormon, ada yang memang kurang jaga kebersihan. Keputihan kan bikin organ intim jadi ga wangi dan ga oke ya Ma, jadi (bila perlu) periksakan ke dokter spesialis ulit dan kelamin. Sebelum ke dokter, bisa coba dulu dengan aneka antiseptik yang aman (Lactacyd atau kalau saya pakai Resik V), perbaiki makanan yang dikonsumsi, dan selalu jaga kebersihan (habis cebok pastikan dikeringkan, pilih kain yang nyaman plus bercukur secara teratur). 

Mulut Segar
Penting sekaliii! Gimana mau yang-yangan kalau mulutnya bau ye kan? (wink-wink) Kalau sikat gigi mah saya percaya semua sudah melakukan. Jangan lupa kalau sebelum bobok juga yaaa ~ Apalagi aklau habis menikmati segigit dua gigit peteee! Wajibb sikag gigimuuu! Akan lebih lagi kalau ditambah kumur pakai mouthwash. Terus, kalau ada gigi berlubang, jangan lupa ditambal (atau dirawat) supaya ga menimbulkan bau mulut. 

Pakaian Menawan
Lingerie? Why not? Pilih saja yang paling nyaman ye kan? Ga harus yang super kebuka :p Lebih baik lagi Papa Jagoan aja yang pilih sesuai preferensi beliau. Ga pernah pakai ? Ya ga dosa juga siy, tapi kan kalau bisa tampil istimewa kenapa tampil biasa aja. Tapi ini cuma kalau di dalam kamar aja loh ya! Di hadapan anak-anak mah tampil normal sewajarnya saja, yang penting rapi dan wangi. Dan itu, emm, si underwear walaupun katanya makin belel makin nyaman, tetep jagalah pandangan Papa Jagoan ya Ma, yang belel-belel direlakan sahaja, ganti dengan yang pantas. 

Soal daster atau non daster, saya pernah bahas niy di postingan tersendiri. Siapa tau Mama mau mebaca, sok atuh klik link berikut.

BACA JUGA : GOODBYE DASTER

Nah, baju rumahan kesukaan saya itu aneka celana panjang kece plus kaos nyaman atau dress selutut ( di Matahari biasanya merk st.Yves atau Nevada). Range harganya di 100-150ribu an. Cukup awet insyaAllah, yang masih saya pakai sampai hari ini itu saya beli sekitar 2 tahun lalu. Belum ada yang robek atau copot kancingnya walopun cukerpai (cuci kering pakai). 

Pakaian dalam siy macem-macem ya merknya. Di ITC-ITC juga ada banyak yang nyaman dengan harga lumayan murah, yang jelas pilih bahan 100% cotton ya. Ketepatan memilih pakaian dalam selain mempengaruhi kenyamanan juga mempengaruhi kesehatan organ tubuh kita soalnya, baik bra maupun celana dalam. Ada satu merk yang sudah kenal dari dulu (tapi sayangnya keknya dulu beli KW-nya, maafkan ya Allah) itu Sorex. Nyaman banget deh celana dalamnya. As usual beli pas diskon aja supaya harganya masih wajar ((mak emak mode on)). 

Kecantikan Akhlak dan Hati Tentu Yang Utama
Selain performa luar, tentu saja ada yang paling penting di antara semuanya, yaitu akhlak Mam. Cantik hati, cantik pekerti. Sesenang-senangnya dengan wanita cantik fisik, tentu lebih menentramkan bersama wanita yang cantik hatinya (jua). Maka dari itu, jangan bosan untuk selalu bertanya kepada suami kita, apa saja dari diri kita yang kiranya perlu dipertahankan, dan apa yang perlu diperbaiki. Meski awalnya kaget, oh ternyata ini penting tho buat beliau,insyaAllah keterbukaan komunikasi antara suami istri akan menjadi penunjang kelanggengan hubungan -insyaAllah- sampai ke surga.

Oke, sebagai penutup postingan super panjang kali ini, saya mau ceritakan kembali sebuah kisah yang saya dengar dai Ustadzah Ida Nur Laela (beliau istrinya Ustadz Cahyadi Takariawan -pakar pernikahan). Semenjak fokus pada edukasi tentang keharmonisan keluarga, beberapa kali Ustadzah Ida menemui kasus kasus yang menurut saya akarnya masalah simpel namun jadi besar karena tidak ada yang mau mengalah (atau belum tau ilmunya). Alkisah ada seorang Ibu yang berkonsultasi kepada Ustadzah Ida bahwa sekarang suaminya jarang pulang, kalau pulang pun sudah larut malam. Berbeda sekali dengan awal-awal pernikahan.

Saat konsultasi berlanjut diketahui bahwa sang Ibu sama sekali tidak berhubungan dengan suaminya sejak 6 bulan terakhir. Saya sempat kehilangan fokus di momen ini sehingga tidak secara seksama mendengarkan apa penyebabnya, tapi pada intinya Ustadzah Ida menyarankan agar sang Ibu berusaha untuk memperbaiki sikap dan penampilannya. Supaya apa? Sang suami kembali lagi ke pelukannya. "Godalah suamimu, Bu", begitu pesan Ustadzah Ida kepada kami semua yang hadir. "Karena hanya kalianlah yang halal baginya untuk menggodanya", lanjutnya. Bener banget ga si Mam? Saya sendiri kadang-kadang merasa malas -lha emang kita objek? Padahal bukan begitu seharusnya cara pikir kita. Bagaimanapun bagi laki-laki, hubungan suami istri adalah hal penting bagi dirinya. Dan, hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan kecuali dengan istrinya yang sah.

So, seharusnya kita bukannya merasa 'didayagunakan' atau 'sekedar objek', sebisa mungkin malah kita menggunakan hal tersebut sebagai bukti bakti kita kepada suami -orang yang sudah mengambil tanggung jawab untuk menjaga kita setelah ijab qobul terucap. Jadi kalau setiap hari cantik, setiap hari menyenangkan bagi suami, saya yakin, proposal apapun lolosss Mam :p (keranjang belanja melambai-lambai) *emakemakmatredikitsamasuamimahboleh

Intinya memang para wanita itu sukanya disayang-sayang dulu, ga bakal deh ada wanita yang rela diajak ena-ena kalau bukan karena sayang sama suaminya. So, para Papa Jagoan, sebagai timbal balik, tetap hormati dan hargai kondisi istri ya, kalau liat istri lagi banyak gawe ya mbok dibantu dulu, kalau bisa jaga anak sebentar biar dia sempat sisiran tentu istri bakal lebih siap menemani suami, setuju ga Mam? :p



You Might Also Like

14 comments

  1. Mama jagoan kumplit nih, mulai dari perawatan sampe pasutri. Sukaaa...
    Ah Bu Ida, kangen banget sama beliau. Pernah ketemu sekali di Jakarta pas acara KEB dan tak terlupakan hingga kini. Ngobrol dengan beliau luar biasa rasanya, banyak pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalau bahas salah satunya takut salah paham Mak Uniek >,<

      Jadi tetep dandan niatnya untuk menyenangkan suami karena Allah (insyaAllah), biar ga keblinger jadi dandan keluar atau jadi berlebihan, tetep sesuaikan kondisi dan preferensi suami

      Bu Ida banyak banget insight tentang pernikahan kemarin, sayang malah ga 100% nyimak karena sambil nyambi jadi panitia ina inu >,<

      Hapus
  2. hai mama jagoan, asik juga ya kalo ngomongin skincare dari sesama ibu2.. hehehe selain pengen cantik tapi mikirin juga budget.. SAMAAAA kitaaaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. because we r not beautyblogger Mak Cici :p

      yang kita kejar hanyalah ridho mas suami ~hihihi
      Mas Suami mah mana tau kan itu pakai lipstik 50rebu apa 500rebu (lalalala)

      Hapus
  3. Ngakak aku baca yang bagian pilih lingerie mbak XD Suamiku pernah tuh tak suruh milih, lucu yang mana gitu, katanya ga usah pake baju -_- #malahvulgar Kalo di rumah sih aku pribadi ngga suka pakai daster, entahlah, risih gitu hahaha Jadi di rumah pake baby doll atau kaos+celana kaos aja

    Meapan juga ga pernah kalo di rumah, meski koleksi meap sampai berlaci-laci XD #dikeplak Asal mandi bersih dan wangi pas suami di rumah sih kalau aku hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kan udah menikah, ya gakpapa kalau ga pakai baju :P

      *eehhh *censored

      Mas suami suka yang alami dan polos ya Mak *ehh

      Hapus
  4. Aku tuh suka belinya mba Lis, tapi kalau pakai gitu-gituan suami malah ga mau nyium katanya pahit ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anu, emm, sye, itu dicium apa dijilat ? #eh *piipp*

      Berarti kalau mau yang yangan dilap kali *ahahaha

      Hapus
  5. Suka bacanyaa..
    Sebagai pengingat agar dandan demi suami, bukan demi konten, eh ��

    Btw kosmetiknya banyak juga macamnya ya ma, kereeenn banget demi suami all out banget.

    Semoga bisa perlahan2 seperti mama jagoan, selama ini dandan heboh hanya karena konten wkwkwkw ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena aku ga punya bakat untuk ngisi konten kosmetik Mak 😁 jadilah aalmout untuk stakeholder utama sahaja

      Selama masih ada manfaat untuk orang yang membaca saya rasa ga masalah dengan konten kecantikan Mak, yang penting pak su ga cemburu atau protes ye kan? 😁

      Hapus
  6. Saya ngerasain bener nih Mba', beberapa hari kemarin tampil cantik di depan suami, agak ada sedikit perbedaan, suami jadi lebih mudahengiyakan kemauan kita, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah walhamdulillah, mugi mugi suami semakin ridho ya Jul 🤗

      Hapus
  7. hahahaha bener juga sih harus jaga penampilan biar terus disayang suami ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan karena kita sayang sama suami kita juga Bun :)

      Hapus