Ga Usah Bergabung di Blogger Perempuan Network, Kecuali Kamu Mau Kayak Gini

  • 11/23/2018 01:50:00 AM
  • By Athiah Listyowati
  • 2 Comments

Menulis memang bukan dunia baru, tetapi menulis bersama komunitas tertentu? Apa pentingnya? Jawabannya adalah PENTING SEKALI FERGUSO 😤

Bertahun-tahun saya ngeblog sendirian tanpa arah dan tujuan, tidak paham apa itu SEO, apalagi bikin judul yang search-friendly, belum lagi blog walking -jaraaang. Sendiriii... kumenapaki jalan kehidupaaann.



Then, thanks God, entah gimana ceritanya, pokoknya aku jadi ngeh kalau berkomunitas itu bakal ngebantu banget perjalanan karir sebagai blogger. Semenjak bergabung dengan komunitas blogger, rasanya jalan untuk menjadi blogger yang ga gitu-gitu aja itu terbuka lebar. Tinggal kita mau atau ga menapakinya ((apa siiyy)). Ibarat kata, kalau berkomunitas itu mempertemukan berbagai macam blogger dengan keunikannnya masing-masing namun dengan satu persamaan : maju dan bermanfaat ((udah kayak mau jadi ketua osis belum Sis? :p) Dan akhirnya,saya memilih bergabung dengan salah satu komunitas blogger yang kece : Blogger Perempuan Network.

Siapa Blogger Perempuan Network?
Sebenernya pengen banget bilang : kamu ga tau Blogger Perempuan? Hahaha, tapi takut netijen kabur ya kan? Jadi mari-mari aku ceritakan. Blogger Perempuan Network dibangun pada tahun 2015 oleh 3 dara cantik, yaitu Mba Shintaries, Mba Almazia dan Mba Dyane Dorothy. Komunitas ini berharap dengan adanya jejaring untuk para blogger perempuan di Indonesia, maka kedudukan kita-kita niy, para blogger perempuan, menjadi semakin baik. Selain itu, dengan berkomunitas, kita juga jadi lebih mudah untuk saling dukung, saling berbagi dan tentu saja saling menginspirasi. Belum jadi bagian dari Blogger Perempuan Network? Sok atuh daftar dulu 😘

Kenapa Kamu Bangga Menjadi Bagian Komunitas Blogger Perempuan Network?
Karena itu artinya saya bergabung dengan para wanita yang mendedikasikan sebagian waktunya untuk bermanfaat bagi orang lain dengan tulisa. Brayy, nulis itu sama sekali ga gampang. When you ready to publish a post, then you should ready with whatever reaction that coming soon. Dan komunitas ini mengajarkan saya bahwa menjadi bermanfaat itu ga melulu harus jadi seorang penerima noble (apa sih Lisss). Berhasil membawakan sebuah pemikiran kepada khalayak ramai untuk direnungi bahkan akhirnya mengambil sebuah aksi positif dalam balutan blog is enough. 

Dan komunitas ini, memberikanmu jalan menuju ke sana.

Sejauh ini, apa manfaat yang saya dapat semenjak bergabung dengan sebuah komunitas ?
A place to learn, FREE
Blogger Perempuan Network adalah salah satu komunitas yang tidak hanya mau besar namanya, tetapi mau besar ((semuanya)). Hehe, maksudnya mau membesarkan siapa saja yang bergabung dengan komunitasnya. Dan semuanya ? No tip. Free! Gratis! -yang penting kamu punya kuota 😁

Buktinya ? Selain secara berkala memberikan tips and trick dalam menulis blog, juga sering banget mengadakan challenge sebagai sarana membakar semangat blogger (salah satunya ya challenge 30 hari menulis yang sedang saya ikuti ini). Belum lagi program-program seperti featured blogpost yang juga diadakan 1 minggu sekali lewat akun IG BPN. Plus ada WAG untuk mereka para blogger pemula yang benar-benar baru membuat blog.

A place to build networking
Networking is must. Saya adalah tipe orang yang percaya bahwa silaturahim membawa rejeki. Rejeki ga melulu soal uang kan? Support system dalam menjalani hobi (bahkan sudah banyak yang menjadikan blogger sebagai profesi) adalah hal yang krusial.

Komunitas memungkinkan kita mengenal orang baru (yang inspiring dan bisa jadi panutan) serta dikenal (dengan setiap keunikan yang dimiliki). Jejaring membuka peluang yang ungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Source of energy
Saat kadangkala merasa udah lama ngeblog kok kayaknya gini gini aja, ga ada yang lebih menarik? Dan kemudian mulai letoy serta memutuskan untuk putus hubungan dengan nyamuk dengan blog, komunitas akan memberimu energi baru.

Setiap hari aktivitas group Facebook BPN selalu ramai dengan postingan para blogger membagikan link postingan, dengan sesekali Kak admin akan menyampaikan penawaran-penawaran kerja sama atau lomba blog yang seru untuk diikuti. Maka sejenak kita akan berpikir Wah, ternyata di luaran sana mereka juga sedang berjuang, lalu aku? Apakah aku akan menyerah sekarang? 

Menemukan komunitas menulis yang tepat ibarat kamu mencari ladang yang tepat untuk bertumbuh. Dan bagi saya, menemukan teman-teman dalam satu komunitas ibarat menemukan cheerleader yang ga pernah lelah untuk menyemangati hatiku yang suka halu! Hup Hap! S e m a n g a t!

Ada yang bilang kan kalau sendirian itu mudah jadi mangsa dibandingkan bergabung dalam kelompok. Bagi blogger, paling serem kalau dimangsa sama yang namanya KEMALASAN. Saat kamu bersama sama dengan blogger lain, yang lebih rajin, yang lebih bagus blognya, yang lebih kece cara nulisnya, maka mau tidak mau kita bakal jauh-jauh yang namanya MALAS. Udah belum bagus, males pula, kapan benernya? -Itu Mak we yang bilang, UPS!










You Might Also Like

2 comments

  1. Judulnya click bait ya mba, jadi penasaran kan saya liat blognya hehe, btw salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi nyobain judul-judul kayak gini Mba Yan :p

      Kena deh jebakan betmeen!


      Salam kenal juga, terima kasih sudah mampir :3

      Hapus

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)