Rekomendasi Dokter Anak di Depok

  • 12/17/2018 03:18:00 PM
  • By Athiah Listyowati
  • 2 Comments

Kalau anak sakit rasa-rasanya hati nyut-nyutan banget ya Ma. Kalau bisa kita aja deh yang sakit, anak anak mah jangan. Tapi ya memang usia-usia mereka rentan banget sama sakit, bagaimanapun harus kita yang menjaga supaya pas sakit pun penanganannya tepat. Bicara soal penanganan yang tepat, saya adalah tipe ibu yang tidak selalu ke dokter saat anak-anak sakit. Ada beberapa hal yang saya pasti langsung ke dokter siy : demam lebih dari 40 dercel dengan lemas dan kurang respon, diare dengan darah, anak menangis kesakitan dan tidak bisa ditenangkan dengan apapun, terluka besar dan membutuhkan penanganan khusus, demam lebih 3 hari. Selain kondisi di atas, selama anaknya masih nyaman dan tidak ada keluhan, biasanya saya berikan penanganan di rumah, misal : bibir terbentur, diare tanpa darah, batpil atau roseola. 

Nah, kalaupun harus ke dokter, saya usahakan ke dokter pilihan saya ini, dokter Rastra. Beliau praktik di RS Hermina Depok dan sepertinya beberapa RS lain (namun saya biasanya periksa di RS Hermina Depok). Saya mengenal beliau juga dari rekomendasi teman-teman saya terkait kebiasaan beliau yang Pro-RUM. Yaitu menggunakan obat secara rasional. Bila tidak memerlukan obat, ya tidak diresepi apa-apa. Pengennya siy bisa periksa ke dokter anak semacam dokter Apin ya, apa daya praktik beliau jauh dari tempat tinggal saya. 

Saya mau cerita beberapa hal yang membuat saya memilih dokter Rastra untuk anak-anak saya ya. Beliau termasuk dokter yang mau menjawab konsultasi via WA. Walaupun tidak selalu fast respond tetapi insyaAllah dibalas. Saya sendiri bertanya bila memang benar-benar saya perlu jawaban, namun masih yakin anak-anak belum perlu treatment khusus. Waktu itu Ali demam dengan nafas cepat, saya hitung nafasnya dalam 1 menit, kemudian saya sampaikan ke beliau apakah dengan kondisi seperti itu sudah masuk bahaya atau tidak. Beliau pun meminta untuk observasi dan menyampaikan bahwa kondisi waktu itu masih masuh level aman, "Silahkan periksa bila nafasnya semakin lama semakin cepat dari kondisi tadi ya". 

Dokter Rastra tidak buru-buru meminta ambil darah bila belum perlu. Which is ada dokter yang baru demam hari 1 sudah minta ambil darah. Padahal hasil lab tidak akan menunjukkan hasil yang valid bila demam belum berjalan tanpa henti selama 3 hari. 

Beliau juga Pro-ASI, yay! Thats what I want from a doctor. Oiya,waktu Ali usia 8 hari, tetiba dia lemes -tidak seperti biasanya, selain itu juga kulitnya tampak menguning. Kakaknya dulu terpaksa di fototheraphy karena bilirubin yang tinggi. Saya sebenernya kembang kempis kalau Ali didiagnosa bilirubin tinggi juga. Alhamdulillah, meski waktu itu bilirubinnya memang belum normal, tapi dokter Rastra menganggap masih wajar -selain juga sudah lewat seminggu dari kelahirannya. Dan rekomendasi tersebut sesuai dengan situs bilitool.org yang menyediakan kalkukasi bilirubin secara mandiri dengan memperhatikan usia kandungan saat lahir dan usia bayi. 

Dokter Rastra antriannya juga lumayan panjang buibu, hehe, jadi memang harus sabar. Semoga anak-anak sehat selalu ya ~ 


 

You Might Also Like

2 comments

  1. Rasanya aman ya mba klo dapat dokter yang ngertiin kita banget dan gak gegabah kasi obat, apalagi ada dokter yg suka kasi antibiotik, pdhal anak ga boleh sering2 dikasi anti biotik, suka sebel sama dokter kayak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling relieve Mba kalau bisa nemu dokter yang seperti itu. Walaupun tetep kalau bisa mah anak-anak jangan sering sering ke dokter, hehe

      Hapus

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)