Halal 101 At Canberra

Hidup di negara minoritas Muslim, maka memastikan kehalalan makanan membutuhkan sedikit usaha lebih. Namun demikian, bukan berarti jadi susah kok! Sekali kita tau suatu produk halal dikonsumsi, then we can grab it every time we need arent we? Nah, kali ini aku pengen banget sharing tentang lika liku cari makanan halal di Australia khususnya Canberra. Tapi karena di seluruh Aussie bisa dibilang swalayannya itu-itu saja. insyaAllah produk yang sama pun bisa ditemukan di kota lain selain Canberra.

Oiya, sebelum melangkah jauh, meski di Aussie juga ada semacam MUI-nya Indonesia, tetapi mencantumkan label halal di produk (terutama produk yang untuk dikonsumsi) bukanlah sebuah kewajiban bagi produsen makanan. Jadi, kalau di sini ga bisa cuma ngandelin label halal. Ada siy produk yang bener-bener berlabel halal, tapi jumlahnya ga banyak. Dan ada juga siy toko yang mengkhususkan hanya menjual makanan yang telah halal certified, tapi jumlahnya tidak banyak pun mungkin sekali tidak menyediakan produk yang kita butuhkan. 

Lalu bagaimana supaya kita bisa yakin bahwa barang yang kita beli memang 100% halal?
Well, mungkin akan ada beberapa hal yang kita bakal tidak bisa yakinkan 100% halal, apalagi jika yang kita maskud adalah seperti yang dilakukan oleh MUI. Di mana MUI akan mengecek mulai dari hulu ke hilir harus memenuhi syarat kehalalan sesuai syariat. Mulai dari bahan yang digunakan sampai prosesnya tidak boleh ada yang tercampuri barang haram.

Nah, karena kita tidak mungkin mengunjungi pabriknya satu demi satu, yang dapat kita lakukan adalah : mengecek kehalanan berdasarkan komposisinya. Jadi, saya akan membeli suatu produk bila setelah saya baca satu demi satu komposisinya tidak ada yang diharamkan (misal : e371 yang berasal dari babi).

Lalu bagaimana bila kita ingin membeli produk yang tidak bisa kita ketahui komposisinya?
Saya sendiri menghindari produk jadi yang tidak bisa saya baca komposisinya, sebenarnya bisa juga mengetahui komposisinya bila mau bertanya. Kebanyakan penjual bersedia menjelaskan. Namun kita akan kesulitan bila kemungkinan titik kritis keharamannya banyak, tidak hanya dari apakah daging yang digunakan halal/tidak, saus yang dipakai halal/tidak, apakah mengandung gelatin dari produk haram, dsb.

Bila suatu produk kemungkinan titik kritisnya banyak dan tidak ada label berisi komposisinya, biasanya langsung saya skip, misalnya : aneka makanan siap saji yang ada di super market, lasagna, sphagetty bolognase, dagingnya saya ga tau dari halal certified apa bukan. Sebaliknya, bila hanya segelas kopi/teh, saya tidak masalah membeli dimanapun, karena biasanya membawa coffe cup sendiri atau pakai saja coffee cup sekali pakai. Jadi tidak perlu khawatir apakah mencucinya bersamaan dengan alat makan lain yang tercampur makanan non-halal.

Manfaatkan Aplikasi Halal Check untuk Mengetahui Komposisi Produk
Nah, aplikasi ini wajib punya pooknya, Free dan easy to use. Bahkan bisa dibuka meskipun kamu sedang miskin data :p Aplikasi ini berisi kode-kode yang digunakan dalam makanan (e540, e300, dst). Kamu cukup memasukkan kodenya maka akan muncul apakah komposisi dengan kode tersebut : halal, haram atau mushboh.

Ribet ? Iya, kalau baru pertama kali beli produk tertentu. Tapi setelah kita tau suatu produk komposisinya aman, ya besok tinggal comot aja tho?

Bila ragu, tidak usah dibeli
Meskipun hampir semua produk mencantumkan komposisinya secara lengkap, namun ada saja produk yang tidak bisa diputuskan kehalalannya. Misalnya, ada beberapa kode yang halal hanya bila menyebutkan asalnya (harus dari tumbuhan). Namun sayangnya produk tersebut tidak menyebutkan asalnya sehingga gambling bagi kita untuk menetapkan apakah termasuk halal/haram. Bila seperti ini, biasanya saya tinggal. Ganti saja dengan produk lain yang saya jelas paham semua asal komposisinya.

Apakah semua yang dilabeli vegan pasti halal?
Vegan artinya tidak menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan, namun demikian bukan berarti 100% halal. Contohnya? Tetap masih menggunakan vinegar/semacamnya. Jadi tetap harus membaca keseluruhan komposisinya dan memastikan tidak ada yang termasuk non-halal.

Apa yang pasti halal?
All fresh vegetable and fruit :p dan tentu saja susu segar, juga beras serta bahan makanan pokok lain yang merupakan bahan dasar (udang, ikan, gula pasir, minyak, tepung, garam, dll).

Beberapa produk halal favorit saya dan di mana membelinya
Coles
Di Coles, barang-barangnya cukup banyak yang bisa dipilih, tapi karena yang paling dekat dengan tempat tinggal saya Woolsworth, saya hanya membeli produk di Coles, bila produk tersebut tidak saya temukan di Woolsworth. 
Daging Ayam Lily Dale
Woolsworth
Hampir semua groceries saya beli di Wolies (sebutan orang Aussie untuk Woolsworth). Alasannya : dekat rumah plus cukup lengkap. Jadi saya tidak perlu berlama lama dengan mengecek apakah produk ini halal/tidak karena selalu membeli produk yang sama. Kecuali bila ada produk baru ang ingin saya coba, mau tidak mau saya harus mengecek komposisinya terlebih dahulu. Berikut beberapa produk favorit saya yang sudah saya cek tingkat kehalalannya berdasarkan komposisi.
Bega Cheese
Hampir semua varian produk Steggles mendapat sertifikasi halal, cek situs Steggles untuk detilnya ya
Leggos memperoleh halal certified untuk beberapa produk tertentu, pastikan menemukan logo halal untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak menggunakan komposisi yang haram dikonsumsi
Satu-satunya mayonnaise di Wolies yang tidak menggunakan vinegar
Oiya, persoalan penggunaan vinegar ini ada beberapa pendapat, saya sebagai orang awam mengambil kesimpulan untuk tidak mengkonsumsi semua produk yang mengandung vinegar karena saya sampai saat ini belum memahami 100% tingkat kehalalannya untuk digunakan dalam pembuatan sebuah produk makanan. Nah, sebagai konsekuensi keputusan tersebut, ada banyak sekali produk yang saya harus sangat hati-hati dalam membeli karena entah mengapa vinegar selalu menjadi salah satu komposisi yang tidak ketinggalan di berbagai merk, misalnya toast/roti tawar, wrap, pizza base, salad dressing, aneka jenis sauce. InsyaAllah saya akan update postingan ini bila suatu hari saya menemukan pendapat yang bisa saya pahami 100% terkait penggunaan vinegar dalam makanan.

Aldi
Berdasarkan harga, Aldi sebenarnya memiliki ragam produk dengan harga sangat bersaing dibandingkan swalayan lain. Namun demikian karena saya sudah bolak balik Wolies, Aldi jadi semacam tambahannya saja bila memang produk yang saya butuhkan tidak tersedia di Wolies, atau ada siy, tapi di Aldi bener-bener jauh lebih murah, misal frozen vegetable dan pizza base. 

Fanpage Facebook Bursa Update
Bila Mom tinggal di Canberra, maka sebaiknya join group ini di Facebook. Membernya adalah teman-teman Indonesia yang tinggal di Canberra. Di sini setiap member dapat berbagi informasi termasuk jual beli. Nah, dari sini kita bisa cek-cek apakah ada makanan yang kita sedang kangen dijual oleh teman sesama Muslim. 

Restoran Halal Canberra
Sebagai bonus, berikut beberapa restoran yang menyediakan makanan halal di Canberra.

Pappa Rich, Canberra Centre
Udah nyobain sekali dan enak, makanannya ala Melayu gitu ya, aneka nasi lemak, sate, kwe tiauw goreng -duh jadi laper.

Taj Agra
Belum pernah ke sini, tapi reputasinya keknya lumayan yah di Google Map. Just check there if you curious about East Asia Cuisine.

Samiuz Restorante and Pizzeria
Belum permah makan di sini, tapi sepertinya menarik. Dan kata temen pizzanya endeuss.

Turkish Halal Pide House
Cobain pide yah kalau di restoran turki kayak gini, tapi kalau lagi males makan yang basicnya roti, bisa pilih halal snack pack, isinya daging sama chips/kentang goreng.

Nandos
Ini pernah dibawain ayamnya sama mas suami, enak, ayam panggang ala South Frica. Populer banget si Peri-peri sauce untuk mamam bareng ayamnya.

Mister Zee's
Saya baru tau dari temen, terus browsing deh. Resto ala Timur Tengah juga niy, aneka masakan sebangsa kebab dan olahan ayam.

Ali Baba Kebab, seluruh stall
Kebabnya enak, halal snack packnya gedhe banget. Biasanya kalau beli kebab, kami beli dua untuk dimakan saya, suami dan anak-anak (keduanya balita), lumayan kenyang. Halal snack pack mah cukup 1 udah puas.

Oporto, seluruh stall
Belum pernah coba makanan di sini, jualnya aneka burger dan wrap.

LeWrap, seluruh stall
Ini tampilan stallnya menggiurkan banget, wrap dengan aneka isian, mau isi sayuran semua boleh, campur daging hayuk, pilih sendiri sesuai selera mah.

Kingsley, Belconnen
Kalau kangen ayam goreng kriuk ala ala KFC dan lagi males masak sendiri, Kingsley jawabannya. Belum pernah icip tapi, jauh eim.

Rashay, Westfield Belconnen
Ini restoran dine in, makanannya beragam tapi sepertinya fokus ke Italian/American Cuisine gitu.

McD Braddon (cuma di lokasi ini ya)
Jangan nyari nasi ya kalau di Aussie, ga ada. Tapi  kalau ayamnya mirip mirip siy rasanya walopun ga 100% sama.

Halal Butcher
Nah, yang saya rada hemmh gimana gitu karena kalau mau beli daging sapi/kambing or sosis, mau ga mau harus ke halal butcher. Deli yang ada di Coles dll belum ada yang terdeteksi berasal dari halal slaughter. Tapi ya anggep saja belinya dalam jumlah banyak, silahkan kalau mau beli daging (saya akhirnya milih skip aneka daging, kecuali ayam :p) bisa di Food Forum, Belconen Halal Meat, Fyshwick Halal Meat atau Gungahlin Halal Meat.

Sebagai penutup, meskipun di negeri orang seperti Aussie ini agak susah menemukan makanan halal, namun sama sekali ga mengurangi kenikmatan makan alhamdulillah. Toh kita juga lebih hemat kalau masak sendiri, jajan di luar paling-paling seminggu sekali sekalian maknya refreshing ga masak terus kan? Hihihihi. Jadi, semoga ulasan kali berguna ya. Untuk aplikasi Halal Check bisa Mom install dari Istore maupun Playstore. Meskipun ga keluar negeri, bisa juga dipakai untuk cek-cek komposisi jajanan yang dibawakan teman atau pas ngiler pengen ikutan jastip :p

Bila dirasa bermanfaat, feel free to share this articel, Mom.


Komentar

  1. Wah kudu download aplikasi cek halal itu jg nih, kadang kan belanja produk improt ya, yg msh blm familiar atau blm kluar ijin mui nya dll, jd yar tenang.

    Makasih infonya mam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba, aku seneng banget waktu tau ada aplikasi ini. Tapi kalau pas lagi di Indonesia siy lebih nyaman langsung cek label halal dari MUI, karena bagaimanapun label ini menunjukkan pengecekan produk ga cuma dari segi komposisi melainkan juga proses dari hulu ke hilir benar-benar sesuai syariat.

      Halal Check semacam bantuan saja ketika kondisinya benar-benar darurat :)

      Hapus

Posting Komentar

Hi, nice to hear your inner-voice about my blog. Just feel free to write it here, but please dont junk :)

Postingan Populer