Tips Praktis Agar Luka Bekas Jahitan Perinium Cepat Kering

Bobok di kamar sendiri bersama bayi setelah beberapa hari menginap di RS/klinik melahirkan adalah hal yang melegakan. Itu artinya, ibu dan bayi semuanya sehat bukan? Namun, perjuangan ternyata belum berakhir ya Bun :p Bahkan baru saja dimulai ~ Untuk ibu yang memilih menyusui bayinya, maka minggu-minggu pertama adalah waktu yang tepat untuk menanamkan dalam-dalam "Aku bisa, aku kuad" Nah, ada satu lagi niy hal yang mungkin kelewat disiapkan sejak masih mengandung, yaitu persiapan untuk menyembuhkan perinium (yang sangat besar kemungkinannya) robek dalam proses melahirkan. Entah robekan 1 atau 2 bahkan obras, rasa-rasanya semua Ibu pasti happy kalau semua permasalahan jongkok, duduk, pee and poo jadi lancar seperti sedia kala tanpa ada kengerian akan bekas luka yang dijahit.

Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa tips yang sudah saya praktikan sendiri saat 5 bulan lalu merawat luka robekan perinium. Ssstt ~ kali ini saya (lagi lagi) diobras >,<

Sabun antiseptik dalam botol spray
Sabun antiseptik berguna untuk memastikan luka tidak dihuni bakteri. Sudah lokasinya memang kotor-kotoran, jangan sampai luka jadi infeksi karena bakteri berkembang dengan baik di sana. Kenapa botol spray? Biar gampang makainya, bisa menjangkau tempat tersulit sekalipun, hehehe

Sabun antiseptik hits banget akhir-akhir ini, jadi pasti tau ya merk apa aja yang beredar di pasaran :p

Pembalut dengan tambahan herbal
Ini ternyata beneran berguna buibu, aku pakainya merk Avail. Bisa dibeli secara online di berbagai platform marketplace. Harganya terjangkau,sekitar 20ribuan saja isi 10 pcs. Bisa sedia 2-3 pack sambil menunggu jahitan kering dan nyaman menggunakan pembalut biasa. Oiya, ini semriwing gitu ya kalau dipakai Jadi membantu mengurangi rasa nyeri di bekas jahitan.

Makan makanan berprotein tinggi
Luka itu sifatnya sembuh. Dan makin mudah sembuh bila didukung dengan asupan protein yang cukup. Pasca melahirkan, seorang Ibu masih membutuhkan jumlah asupan protein yang sama tingginya dengan Ibu melahirkan loh, apalagi bila ia menyusui. 
Jadi selain boba, pastikan makanan berprotein tinggi masuk ke daftar menu Ibu setiap hari ya ~

Cukup konsumsi air putih
Mau poo kok worry ya, tapi kalau ditahan juga perut jadi begah :p Kunci poo lancar? Minum air putih yang cukup, minimal 1-2 liter per hari. Oiya, ada tips kece juga dari sesama Ibu, kalau khawatir poo nya ga mau kerja sama, coba minum nutrijel anget (yang belum berubah bentuk jadi jelly) untuk membantu melunakkan si poo.

(Bila perlu) Salep penyembuh luka
Bila derajat robekanmu cukup tinggi, biasanya bu dokter juga akan meresepkan salep khusus bekas luka (semacam Bioplacenton). Berhubung aku nyaman banget pakai si Avail, si Bioplacenton cuma rutin kupakai 3-5 hari pertama deh keknya.

Okey, pakai cara ini, alhamdulillah keluhan pas jaman lairan sebelumnya ga ada lagi. Bener-bener urusan ke belakang jadi lebih mudah, ubah-ubah posisi buat nyusuin juga makin gampang alhamdulillah 😍 Dalam 7 hari, obrasanku telah sembuh. Pas ke dokter di hari ke 10 juga dokter bilang udah nutup sempurna jaitannya.

Jadi, buibu yang sedang hamil, jangan lupa untuk siapin yahh aneka perintilan untuk mendukung wellness dan kewarasanmu pasca lairan. 
 

Komentar

Postingan Populer