Cerita Baby A : Sembelit & Cara Ampuh Mengatasinya


Akhirnya, 7 bulan berlalu sejak kelahiran baby A. Artinya, tiba saatnya untuk mengenalkannya dengan makanan pendamping ASI alias MPASI.  Sebenernya momen mau kasih MPASI ini juga hampir sama deg degannya kayak pas awal-awal ngajarin anak bayi nenen. Kudu telaten, sabar dan pakai ilmu. Karena tanpa ketiganya, mungkin banget muncul drama drama MPASI yang bikin mama cenat cenut 😤 Salah satunya : SEMBELIT.

Ini kejadiannya pas awal-awal Baby A MPASI. Baby A yang sejak awal langsung dikenalkan dengan bubur nasi saring, tiba tiba sembelit. Kalau pup nangis dan pupnya berbiji biji. Kedua hal ini adalah ciri utama bayi sembelit. Awal-awal dia kayak gitu kupikir ya normal aja kan, secara pencernaannya masih tahap mengenal makanan non ASI. Ternyata oh ternyata berlanjut sampai 3 harian >,< Bahkan ada hari di mana dia ga pup sama sekali padahal dikasih makan 😩 I am so worried dan memilih untuk stop dulu ga kasih MPASI sambil nunggu si pup keluar. Ternyata meskipun ga mamam apa apa selain ASI, pupnya tetep susah dan keras. Baru deh kelimpungan nyari tau gimana caranya supaya anak ga sembelit. ((please jangan dicontoh yaa, kudu belajar))

Ternyata, menurut Jay Hoeker dari Mayo Clinic, "Infant constipation isn't common." Artinya, kalau ada bayi yang konstipasi/sembelit kudu dicari tau penyebabnya. Menurut Jay (lagi), konstipasi pada bayi sering terjadi ketika bayi mulai makan alias mulai MPASI. Nah, saran dari Jay untuk memperbaiki pencernaan bayi agar normal kembali adalah dengan mengubah makanan yang diberikan (dietary changes)




Akhirnya Lis cobain niy kasih puree buah pir, alhamdulillah, dia ga sembelit-sembelit lagi. Tapi emang kayak wajib gitu, setiap hari mesti masuk pear 😅 Sepertinya memang masih adaptasi. 

Sejujurnya ini hal baru buatku meski sudah MPASI yang ketiga >,< Pas anak pertama dan kedua mereka sembelit pas sudah usia 1 tahunan ke atas. Tapi bersyukur segera ketemu solusinya dan berbagi dengan kalian. Semoga seterusnya si baby A lancar jaya makannya. Aamiin ~



REFERENCE 

































Komentar

Postingan Populer